Rabu 24 Jul 2019 11:19 WIB

6 Cara Sederhana Pastikan Anak tak Terlibat Narkoba

Cek tempat sampah hingga lemari obat untuk pastikan anak terhindar narkoba.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Seorang pelajar sekolah memperlihatkan poster ajakan millenial sehat tanpa narkoba saat berkampanye memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Bundaran Digulis Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (26/6/2019).
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Seorang pelajar sekolah memperlihatkan poster ajakan millenial sehat tanpa narkoba saat berkampanye memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Bundaran Digulis Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (26/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jerat narkotika mengintai siapa saja, mulai remaja hingga orang dewasa. Orang tua perlu melakukan pengawasan ekstra guna menghindarkan anak dan remaja terlibat penyalahgunaan narkoba dan zat terlarang lainnya.

Sebagai bentuk pencegahan, sangat penting bagi orang tua memberikan kasih sayang, edukasi, dan pengajaran agama yang memadai. Cara sederhana lain untuk memastikan adalah dengan mengecek hal-hal berikut, dikutip dari laman USA Today.

Baca Juga

Periksa lemari obat

Remaja atau dewasa muda yang mengonsumsi narkoba biasanya memilih lemari obat sebagai tempat persembunyian. Periksa apakah ada sesuatu yang janggal, termasuk penggunaan berlebihan obat diare yang biasanya menjadi indikator umum.

Cek tempat sampah

Jarum suntik bekas atau penyedot yang menyerupai tutup spidol di tempat sampah adalah barang mencurigakan. Begitu pula potongan kertas timah hangus serta kapas bekas yang biasa digunakan untuk menyaring jenis narkoba tertentu.

Cermati perangkat makan

Sendok yang hilang di rumah bisa menjadi pertanda ada sesuatu yang salah. Sendok yang hangus di bagian bawah dapat menjadi indikator perangkat makan itu digunakan sebagai pengganti kertas timah untuk menyiapkan narkoba sebelum dikonsumsi.

Cari tempat mencurigakan

Beberapa benda yang tampaknya biasa saja dapat berfungsi sebagai brankas kamuflase untuk menyimpan narkoba. Misalnya kaleng soda, botol air bekas, kompartemen baterai, juga ruang kosong di dalam  jam alarm atau pengontrol permainan video.

Timbangan digital

Remaja yang memiliki timbangan digital di kamar tanpa sebab jelas mungkin perlu dipertanyakan dan didekati dengan cara yang baik. Timbangan digital juga bisa disamarkan dalam wujud kalkulator atau disembunyikan di perangkat komputer.

Hilangnya dasi atau ikat pinggang

Pemakai narkoba jenis tertentu membutuhkan tourniquet untuk membantu menemukan vena dan menyuntik. Alih-alih tourniquet medis, biasanya ikat pinggang, dasi, dan tali sepatu menjadi pengganti umum. Hilangnya barang-barang itu di rumah bisa menjadi pertanda.

Darah dan noda di dinding

Orang tua perlu merasa waswas apabila di kamar remaja terdapat sejumlah bekas percikan darah atau noda di dinding. Darah kemungkinan terpercik saat menyuntikkan jarum dan noda jelaga di dinding muncul tersentuh ujung jari pemakai narkoba yang menghitam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement