Selasa 16 Jul 2019 14:15 WIB

Tiga Macam Susu yang Dapat Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Ada tiga macam susu yang bisa membantu tidur lebih nyenyak

Rep: Santi Sopia/ Red: Christiyaningsih
Minum susu (ILustrasi)
Foto: Health
Minum susu (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tidur yang berkualitas bisa memberikan dampak bagus bagi tubuh. Salah satu cara untuk mendapatkan tidur berkualitas bisa dengan mengonsumsi minuman tertentu. Berikut tiga macam susu yang bisa membantu tidur lebih nyenyak dilansir Express.

1. Susu pisang

Baca Juga

Minum susu pisang sebelum tidur dapat membantu mengendurkan otot-otot dan menciptakan  tidur malam yang nyenyak. Minum susu sebelum tidur biasanya memang sering dianjurkan medis.

Ini bisa jadi karena susu yang kaya protein dan mengandung triptofan asam amino yang dapat menjadi pemicu tidur. Triptofan diperlukan bagi tubuh untuk memproduksi serotonin yang kemudian digunakan untuk membuat melatonin, hormon yang membantu mengendalikan siklus tidur dan bangun.

Magnesium dan kalium, keduanya ada dalam buah. Dua kandungan itu punya efek positif pada tidur dan insomnia. Terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Lebih baik lagi, pisang juga mengandung triptofan, asam amino pengatur tidur.

Magnesium dalam pisang juga bertindak sebagai pelemas otot alami. potasium dapat efektif mengobati sindrom kaki kram. Pisang terbukti menjadi pemicu tiga kali lipat untuk mendapatkan tidur nyenyak.

2. Susu ceri

Susu buah ceri hangat juga bisa membantu tidur nyenyak. Ceri adalah salah satu dari sedikit makanan yang secara alami mengandung melatonin, asam amino esensial yang membantu meningkatkan kadar serotonin tubuh.

Selain melatonin, jus asam ceri mengandung triptofan. Para peneliti dari satu studi menemukan minum Montmorency tart jus ceri dua kali sehari selama dua pekan dapat membantu meningkatkan waktu tidur hampir 90 menit di antara orang dewasa yang insomnia.

3. Susu kunyit

Kunyit bermanfaat untuk kesehatan dan dapat dinikmati dalam bentuk minuman susu. Dari memerangi peradangan hingga menyuplai antioksidan, rempah-rempah ini memang banyak digunakan untuk membantu kualitas tidur.

Studi awal pada tikus menemukan kunyit dapat melindungi dari kerusakan oksidatif dan kurang tidur serta menurunkan tingkat kecemasan. Bagi mereka dengan kondisi kronis, sifat anti-inflamasi dalam kunyit juga terbukti bermanfaat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement