Sabtu 13 Jul 2019 01:00 WIB

Larissa Chou Ungkap Kisah Hidup dalam Sebuah Buku

Larissa Chou meluncurkan sebuah buku bertajuk Rissa

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih
Larissa Chou (istri Alvin) meluncurkan novel berjudul Rissa.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Larissa Chou (istri Alvin) meluncurkan novel berjudul Rissa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Larissa Chou meluncurkan sebuah buku bertajuk Rissa. Dalam buku ini, menantu mendiang ustaz Arifin Ilham tersebut mengungkap kisah hidupnya sejak kecil hingga dewasa.

Hidup adalah pilihan. Sering kali kita harus menghadapi pilihan amat sulit yang membuat kita mengorbankan banyak hal yang berharga. Dalam buku ini, Larissa Chou atau yang akrab dipanggil Rissa, menceritakan lika-liku segala pilihan terbesar dalam hidupnya.

Baca Juga

Rissa adalah seorang wanita keturunan Tionghoa yang memutuskan untuk hijrah beberapa tahun lalu. Semua keluarga mempertanyakannya, namun Rissa bersikukuh pada pilihan itu. Beruntung, ada orang-orang baru yang dianggap seperti keluarga yang mau terus mendukungnya secara moral.

Termasuk, seorang pria yang baru dikenalnya kala itu yang kini menjadi pendamping hidupnya, Muhammad Alvin Faiz. Alvin merupakan anak pertama ustaz Arifin Ilham.

"Buku ini menceritakan tentang kisah Rissa dari kecil sampai besar. Apa yang membuat saya berani ambil keputusan dan siapa yang mengenalkan saya Islam," ungkapnya di sela konferensi pers peluncuran buku tersebut di Jakarta, Jumat (12/7).

Menurut Rissa, yang membuat buku ini menarik adalah di mana seorang wanita keturunan China bisa masuk Islam bahkan memakai hijab syar'i. "Banyak yang heran. Cina Islam jarang banget. Saya buat buku untuk inspirasi untuk orang lain. Mau kasih tahu Islam tidak sekeras itu. Islam bukan cuma buat orang Arab. Tapi juga bisa juga untuk orang Cina," ujarnya.

Rissa mengaku kesulitan membuat buku ini lantaran ia harus flashback mengenang masa lalu. Masa kecil yang kurang bahagia karena orang tua yang bercerai, kisah remaja, sampai berpacaran dengan orang berbeda agama bahkan sampai kisah hijrah dan menikah dengan Alvin.

Ada banyak duka dan suka. Namun Rissa berbagi perjalanannya dengan penuh semangat positif. Dengan membaca kisah Rissa kita seolah akan mendapatkan dorongan untuk lebih berani dalam membuat keputusan besar. Melalui tutur Rissa yang penuh motivasi kita akan belajar lebih banyak mengenai makna keluarga.

Buku Rissa : Sebuah Pilihan Hidup ini telah beredar di toko buku sejak Juni 2019. Gramedia juga menobatkan buku ini sebagai buku yang paling banyak dicari tahun ini.

Larissa Chou adalah seorang mualaf yang aktif menyebarkan semangat Islam cinta. Ia lahir dan besar di Cirebon serta pernah menjalani profesi sebagai make up artist. Sejak kedua orang tuanya bercerai, Rissa sempat hidup bersama ayahnya. Namun saat SMA ia memutuskan untuk pindah dan tinggal dengan sang ibu.

Rissa yang menikah dengan Muhammad Alvin Faiz telah memiliki seorang putra bernama Muhammad Yusuf Alvin Ramadhan. Sambil mengelola bisnis hijabnya, Rissa tinggal bersama keluarga kecilnya di Sentul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement