Sabtu 13 Jul 2019 06:15 WIB

Ini Gejala Iritasi Deodoran yang Paling Sering Terabaikan

Penggunaan deodoran yang tak tepat pada kulit ketiak sensitif dapat sebabkan iritasi

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih
Seorang wanita yang sedang menggunakan deodorant pada ketiaknya
Foto: sdicoe
Seorang wanita yang sedang menggunakan deodorant pada ketiaknya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan deodoran yang tidak tepat pada kulit ketiak sensitif dapat menyebabkan iritasi. Akan tetapi iritasi pada kulit ketiak sensitif kadang tak disadari oleh penderitanya karena gejala yang timbul cukup beragam.

"Tandanya bisa macam-macam," ungkap spesialis kulit dan kelamin Melyawati Hermawan dalam peluncuran Dove Sensitive Deodorant di Jakarta.

Baca Juga

Beberapa contoh gejala iritasi pada kulit ketiak akibat deodoran adalah muncul sensasi panas pada kulit, gatal, dan kulit menjadi kemerahan. Gejala-gejala seperti ini mungkin cukup dikenali oleh masyarakat awam.

Di sisi lain, ada pula gejala iritasi pada kulit ketiak akibat deodoran yang kerap terabaikan dan tak disadari penderitanya. Gejala tersebut adalah kulit ketiak yang menghitam.

 

"Ini tanda lain yang orang sering abai. Kulit ketiak jadi hitam itu bagian dari iritasi kronis," tutur Melyawati.

Ketika kulit ketiak mengalami iritasi, hal yang pertama kali perlu dilakukan adalah menghentikan penggunaan deodoran. Biarkan waktu sekitar beberapa pekan agar kulit ketiak dapat mengalami pemulihan dengan ptimal.

"Baru setelah itu coba produk lain. Lebih baik kita berhenti kalau merasa tidak nyaman," ungkap Melyawati.

Pemilik kulit ketiak yang sensitif memang perlu lebih berhati-hati ketika memilih dan menggunakan produk deodoran. Berdasarkan penelitian, ada tiga kandungan pada deodoran yang paling sering menyebabkan iritasi pada kulit ketiak yang sensitif.

Tiga kandungan pada deodoran yang paling sering memicu iritasi pada kulit ketiak sensitif adalah parfum, paraben, dan alkohol. Karena itu, pemilik kulit ketiak sensitif sebaiknya memilih produk deodoran yang tidak memilki ketiga kandungan ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement