Selasa 09 Jul 2019 12:41 WIB

Beragam Cara Manfaatkan Air Tajin untuk Kecantikan

Air tajin kaya protein yang baik bagi kesehatan sel.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Beras
Foto: Pixabay
Beras

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air tajin yang seringkali dibuang saat memasak nasi ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut.

Manfaat air tajin berasal dari beragam zat gizi yang terkandung di dalamnya. Sekitar 16 persen dari kandungan air tajin adalah protein yang penting bagi kesehatan sel. Selain itu, sekitar 10 persen dari komposisi air tajin adalah trigliserida dan lipid.

Baca Juga

Air tajin juga diketahui mengandung sekitar 9 persen zat pati. Zat pati merupakan ekstrak yang hingga saat ini masih digunakan dalam beragam produk kosmetik Jepang. Beberapa komponen lain yang bisa ditemukan pada air tajin adalah karbohidrat, inositol, asam fitat, dan zat anorganik.

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk membuat air tajin. Salah satunya adalah dengan merendam setengah cangkir beras ke dalam dua per tiga cangkir air putih selama 30 menit. Saring beras dan simpan air tajin ke dalam wadah botol bersih.

 

Cara kedua adalah dengan merebus beras dengan air. Jumlah air yang digunakan harus dua kali lipat dari jumlah air yang biasa digunakan untuk memasak beras menjadi nasi. Setelah merebus beras, saring beras tersebut dan masukkan air tajin ke dalam botol bersih.

Cara ketiga adalah melalui fermentasi. Setelah membuat air tajin, biarkan air tajin di suhu ruangan hingga 12 jam. Setelah itu, saring air tajin dan simpan ke dalam wadah botol bersih.

Air tajin yang sudah dibuat dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit maupun rambut. Berikut ini adalah cara penggunaan air tajin unutk kulit dan rambut seperti dilansir Indian Express.

Untuk Kulit

Air tajin diketahui mengandung banyak vitamin, mineral, dan asam amino yang penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Air tajin juga diketahui mengandung antioksidan asam feluric dan juga senyawa organik bernama allantoin yang dapat membantu menenangkan kulit.

Dalam perawatan kulit, air tajin dapat digunakan untuk mengatasi iritasi kulit akibat paparan sodium laurel sulfate (SLS). SLS merupakan bahan yang banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit. Bukti anekdotal menunjukkan bahwa penggunaan air tajin dua kali sehari dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat SLS.

Air tajin juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih agar kulit wajah terlihat lebih lembut dan bercahaya. Caranya, tuangkan air tajin secukupnya pada kapas dan tepuk-tepuk kapas ke area wajah. Biarkan kulit sampai mengering selama beberapa menit. Lakukan setiap hari sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit atau dua kali seminggu.

Air tajin dapat dimanfaatkan pula sebagai toner wajah. Cukup tuangkan air tajin ke kapas dan sapukan kapas ke seluruh wajah. Cara ini dapat mengencangkan kulit, mengecilkan pori, serta menjaga kulit tetap lembut dan cerah.

Selain itu, air tajin juga dapat digunakan pada jerawat. Alasannya, air tajin memiliki efek menenangkan yang baik untuk perawatan jerawat.

Keluhan kulit terbakar sinar matahari pun dapat diringankan dengan penggunaan air tajin. Simpan air tajin terlebih dahulu di dalam kulkas, dan setelahnya aplikasikan air tajin ke kulit yang terbakar sinar matahari dengan menggunakan kapas.

Untuk Rambut

Mencuci rambut dengan air tajin diketahui dapat membuat rambut lebih bersinar, kuat, dan sehat. Yang perlu dilakukan adalah keramas terlebih dahulu dengan sampo dan kondisioner. Setelah itu, tuangkan air tajin ke rambut dan beri sedikit pijatan lembut di kulit kepala serta rambut. Bilas air tajin pada rambut dengan air bersih.

Studi dalam International Journal of Cosmetic Science mengungkapkan bahwa penggunaan air tajin sebagai perawatan rambut dapat memperbaiki elastisitas dan tekstur rambut karena adanya kandungan inositol. Dengan elastisitas dan tekstur yang lebih baik, rambut menjadi tidak mudah kusut.

Penggunaan air tajin pun dapat menjaga agar minyak alami rambut tetap menempel. Selain itu, air tajin diketahui memiliki kadar pH yang mirip dengan kulit kepala.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement