Sabtu 06 Jul 2019 20:20 WIB

Tampil di Prambanan Jazz, Yanni Disulap Jadi Sufi

Yanni, komposer kondang dunia berdarah Yunani.

Rep: M Akbar/ Red: Agung Sasongko
 sosok Yanni dihadirkan dengan bagian kepala terbugkus surban putih layaknya kaum sufi.
Foto: Republika/M Akbar
sosok Yanni dihadirkan dengan bagian kepala terbugkus surban putih layaknya kaum sufi.

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA -- Yanni, komposer kondang dunia berdarah Yunani, boleh jadi telah bertransformasi saat tampil di ajang Prambanan Jazz 20119. Oleh pihak promotor Rajawali Indonesia, musisi bernama lengkap Yiannis Chryssomallis itu disulap bagaikan seorang sufi.

Dalam bingkai digital print kanvas yang dipajang pada backdrop, sosok Yanni dihadirkan dengan bagian kepala terbugkus surban putih layaknya kaum sufi. Sosoknya juga dihadirkan tengah tersenyum di atas mimbar kayu berbahan jati sebagaimana mimbar di masjid Demak.

Pada bagian yang lain, dihadirkan pula sosok Yanni yang menunjukkan acungan jari telunjuk. Ia dihadirkan dengn gaya sarungan plus jas berwarna abu.

"Itu hasil karya Agan Harahap. Kita sengaja memberikan hiburan saja," kata Bakkar Wibowo, creative director Prambanan Jazz 2019, saat berbincang dengan Republika.co.id di areal pertunjukkan, Sabtu (6/7).

Pada backdrop seukuran 8x4 meter itu, tak hanya Yanni yang ditampilkan ilustrasinya. Musisi Brian McKnight dimunculkan dengan seragam hansip yang tengah duduk sambil tersenyum. Di foto yang lain, musisi asal Amerika Serikat ini ditampilkan bertelanjang dada layaknya suku dari Papua dengan menenteng anak panah.

Bakkar menjelaskan beberapa musisi yang tampil di ajang tabunan ini memang sengaja dibuatkan ilustrasi secara jenaka. Musisi lain yang juga menjadi 'korban' adalah Anggun, Tompi, Tulus, hingga Indra Lesmana.

Semua musisi itu menjadi line-up utama dari gelaran Prambanan Jazz 2019 yang digelar di pelataran candi Prambanan hingga Ahad (7/7). Yanni sendiri tampil sebagai special show pada gelaran har8 kedua, Sabtu malam ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement