Selasa 02 Jul 2019 18:44 WIB

Bimbo Ingin Kembali Bisa Gubah Lagu dari Karya Taufiq Ismail

Bimbo pertama kali menggubah syair Taufiq Ismail, Sajadah Panjang, pada 1984.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Kelompok musik Bimbo.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Kelompok musik Bimbo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik legendaris Bimbo masih mengharapkan dapat membuat karya lagi bersama dengan penyair Taufiq Ismail. Kerja sama di antara keduanya telah berlangsung sejak era 1970-an sampai saat ini.

"Semoga kami masih bisa kerja sama, baik berupa lirik-lirik lagu ciptaan Pak Taufiq maupun syair Pak Taufiq yang kami buat menjadi lagu," ungkap Jaka Bimbo, ditemui saat menghadiri syukuran ulang tahun Taufiq Ismail ke-84, di Jakarta Timur, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Jaka mengingat lagu “Sajadah Panjang” yang pertama kali direkam pada 1984. Setelah 35 tahun berlalu, ia berharap akan ada kolaborasi lagi.

Bersama dengan Acil Bimbo, keduanya menceritakan proses pertemuan Bimbo dengan Taufiq. Pada era 1970-an, tepatnya pada 1973, Bimbo ditawari untuk pentas di Taman Ismail Marzuki.

Saat itu, Bimbo mengiyakan dengan sebuah persyaratan, antara lain, keinginan membawakan beberapa lagu yang liriknya ditulis oleh beberapa sastrawan Indonesia, salah satunya adalah Taufiq Ismail.

Jaka mengenang, penonton memberikan sambutan yang sangat baik terhadap lagu-lagu tersebut. Baik Acil dan Jaka tak menyangka lagu yang diadaptasi dari syair milik sastrawan kenamaan.

Sejak saat itu lagu-lagu Bimbo mulai banyak yang menggunakan lirik dari puisi Taufiq Ismail. Kerja sama itul masih berlanjut sampai saat ini.

“Bang Taufiq itu masuk ke dalam bagian dari sejarah Bimbo,” ujar Acil.

Bimbo tak terikat kontrak dengan label manapun saat ini. Grup musik yang terdiri atas Sam, Acil, dan Jaka ini belum menelurkan karya lagi.

Selain itu, faktor usia pun diakui mereka menjadi salah satu faktor yang membuat Bimbo sulit untuk bekerja sama lagi, terlebih bersama dengan Taufiq Ismail.  Jaka yang berusia 76 tahun menyebut Taufiq telah berusia 84 tahun dan Sam kini sudah 77 tahun.

"Jadi susah untuk mencari momentumnya,” ungkap Acil.

Meskipun demikian, baik Bimbo maupun Taufiq Ismail masih berharap masih bisa akan kembali berkolaborasi lagi. Ketika ditanya mengenai ini, Taufiq menyebut sampai saat ini keduanya masih kerap berkomunikasi.

Pada momentum syukuran ulang tahun Taufiq Ismail ke-84, Acil dan Jaka sama-sama merasa bahagia. Keduanya mendoakan Taufiq bisa panjang umur dan sehat selalu.

"Kami harapkan semoga Bang Taufiq panjang usia, tetap sehat, dan selalu diberikan yang terbaik di dalam budaya Indonesia,” jelas Acil.

Sastrawan Indonesia Taufiq Ismail berulang tahun ke-84 pada 25 Juni lalu. Taufiq bersama dengan keluarganya lalu menggelar syukuran ulang tahun sekaligus  peluncuran sebuah DVD Meniti Kehidupan yang merangkum perjalanan perjuangannya sebagai sastrawan Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement