Ahad 30 Jun 2019 11:21 WIB

Latihan Berat Badan, Kunci Turunkan Bobot Tubuh

Latihan berat badan bisa disesuaikan dengan kebutuhan diri.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Indira Rezkisari
Wanita berolahraga.
Foto: EPA
Wanita berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah mengurangi makan, tapi tak kunjung turun bobot tubuh. Anda harus mencoba cara lain, latihan berat badan secara teratur.

Ahli fisiologi olahraga dan penasihat kebugaran Bowflex, Tom Holland mengatakan, latihan berat badan menjadi kunci menurunkan berat badan. Pertama, latihan berat badan itu sangat mudah diakses, seperti gratis, bisa dilakukan di mana dan kapan saja, serta dapat dimodifikasi sesuai level dari pemula hingga ahli.

Baca Juga

“Salah satu komponen utama penurunan berat badan adalah konsistensi,” kata Tom dilansir dari laman Popsugar, Ahad (30/6).

Latihan berat badan mudah disesuaikan dengan kebutuhan diri, serta membantu menjaga kebugaran tubuh. Latihan berat badan juga sering dimasukkan ke dalam latihan interval intensitas tinggi (HIIT), yang menurut Tom adalah cara sangat efisien mengurangi lemak tubuh dan membangun kekuatan.

Anda dapat melakukan HIIT dengan latihan kardio dan kekuatan, karena latihan HIIT biasanya cukup singkat. Anda dapat melakukannya hanya dalam waktu 30 menit atau kurang.

Kenyamanan dan komitmen waktu yang rendah, membuat sirkuit HIIT berat badan lebih mudah dilakukan, misalnya angkat berat bagi kebanyakan orang. Cobalah latihan HIIT 30 menit tanpa peralatan itu untuk dilihat sendiri.

Anda bisa menurunkan berat badan dengan melakukan latihan berat badan. Ketika menjaga kebugaran dan mulai membakar lemak, Anda harus melakukan berbagai gerakan. Kelebihan beban progresif, suatu istilah yang biasanya digunakan dengan angkat besi, juga berlaku untuk latihan beban tubuh. Jadi, anda perlu menambah bobot angkat besi, agar tetap menantang otot dan tubuh.

Jadi bagaimana meningkatkan intensitas latihan berat badan tanpa bergerak ke bobot? Tom merekomendasikan untuk menambahkan gerakan plyometric (melompat) sebagai cara sederhana untuk meningkatkan intensitas dan meningkatkan pembakaran kalori. Hal itu membuat Anda mengganti jongkok yang bisa dilakukan untuk mengangkat besi dengan jongkok lompat, atau push-up dengan push-up plyometrik.

Langkah-langkah itu dimaksudkan untuk menambah tantangan bergerak. “Karena variasi dan kelebihan beban progresif merupakan faktor penting dalam program latihan yang seimbang, menggabungkan latihan beban tubuh dengan beban adalah strategi yang sangat efektif untuk sukses,” ujar Tom.

Mengangkat beban dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak. Tentu saja, menurunkan berat badan juga tergantung pada makanan. Berpegang teguh pada diet sehat, akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dalam latihan dan hasil penurunan berat badan yang lebih baik secara keseluruhan. Ditambah latihan yang konsisten, di mana latihan beban tubuh pasti memainkan peran, membuat kombinasi yang akan mendorong ke tujuan penurunan berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement