Rabu 26 Jun 2019 15:15 WIB

Bleaching Bisa Sebabkan Iritasi Saraf

Bleaching rambut ternyata memiliki beberapa risiko yang perlu diwaspadai

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih
Penampilan Iko Uwais di film Stuber usai bleaching rambut.
Foto: 20th Century Fox
Penampilan Iko Uwais di film Stuber usai bleaching rambut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini aktor Iko Uwais menceritakan dirinya harus masuk rumah sakit lantaran bleaching rambut. Iko harus menjalani proses bleaching demi perannya sebagai penjahat dalam film Stuber. Bagaimana penjelasan medis hingga bleaching dapat mengganggu kesehatan seperti yang dialami Iko?

Bleaching rambut merupakan proses yang biasa dilakukan sebelum mewarnai rambut yang gelap dengan warna-warna yang lebih terang. Bleaching rambut ternyata memiliki beberapa risiko yang perlu diwaspadai.

Baca Juga

Bleaching rambut pada dasarnya merupakan proses 'melunturkan' warna rambut melalui proses oksidasi. Bahan dasar yang biasa digunakan pada bleach rambut adalah hidrogen peroksida.

"Hidrogen peroksida itu kan agak keras," ungkap spesialis kulit dan kelamin dari RSAD Udayana Denpasar, Putu Laksmi Anggari Putri Duarsa, saat dihubungi Republika.

Proses oksidasi pada bleaching akan membuat bagian pada rambut bernama kutikula terbuka. Dengan begitu, rambut akan mampu menyerap lebih banyak warna. "Kalau (terbukanya kutikel) kebablasan, mungkin bahannya lebih banyak atau lebih kuat, bisa kena saraf," lanjut Laksmi.

Hal ini pula yang mungkin dialami aktor Iko Uwais beberapa waktu lalu. Iko mengaku sempat mengalami sakit kepala selama dua pekan berturut-turut sejak menjalani bleaching rambut.

Iko sempat menggunakan obat pereda sakit untuk meringankan sakit kepala yang ia rasakan. Namun karena tak kunjung sembuh, Iko akhirnya mendapatkan perawatan yang lebih lanjut di rumah sakit.

Dokter menemukan saraf di kulit kepala Iko mengalami iritasi akibat proses bleaching. "Hari itu disuntik dua kali, ternyata ada saraf yang iritasi," kata Iko.

Laksmi mengatakan tidak semua orang akan mengalami efek samping setelah menjalani bleaching. Alasannya, tiap orang memiliki kondisi rambut yang berbeda-beda. "Kalau orang sering memanipulasi rambut, hasilnya bisa berbeda dengan yang jarang melakukan manipulasi terhadap rambut," tambah Laksmi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement