Jumat 17 May 2019 11:26 WIB

Penghasilan Tambahan Jangan Bebani Pemasukan Utama

Penghasilan utama tetap harus menjadi prioritas yang dijaga.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Perencanaan keuangan
Foto: flickr
Perencanaan keuangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencari penghasilan tambahan untuk menjaga arus kas berjalan baik sangat disarankan. Perencana keuangan Melvin Mumpuni mengingatkan, menjaga penghasilan utama namun tetap lebih baik ketimbang memburu penghasilan tambahan.

Mencari penghasilan tambahan memang sangat disarankan untuk membuat keamanan dalam keuangan. Ketika satu pemasukan menghilang, maka ada pemasukan lain yang bisa mengganti untuk sementara.

Baca Juga

Tapi, terkadang orang justru melupakan untuk menjaga penghasilan utama. Hal ini, menurut Melvin, perlu diperhatikan dan justru tidak boleh dibalik, penghasilan utama tetap harus menjadi prioritas yang dijaga.

 

Melvin menceritakan, pernah mendapatkan klien yang memintanya untuk memberikan pemahaman kepada karyawan seputar mencari tambahan pemasukan. Ketika itu karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan menggunakan hari liburnya untuk bekerja sebagai pengemudi taksi daring.

"Kerja dari Senin sampai Jumat, idelanya Sabtu Ahad ini dipakai buat istirahat supaya Senin bisa kerja lagi," kata Melvin dalam acara "Perkenalan Teman Treasury", beberapa waktu lalu.

Pendiri Finansialku ini pun menyarankan, pemasukan dari penghasilan tambahan sebaiknya digunakan untuk memenuhi cicilan dan melunasi utang. Jangan gunakan untuk membeli suatu barang yang konsumtif atau tidak produktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement