Kamis 16 May 2019 04:00 WIB

Begini Cara Rawat Kulit Agar Tetap Sehat Selama Puasa

Jerawat dan kulit kusam adalah gejala dehidrasi yang sering muncul saat puasa

Rep: Umi Soliha/ Red: Christiyaningsih
Menjaga kulit tetap segar dan sehat (Ilustrasi)
Foto: Health
Menjaga kulit tetap segar dan sehat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jerawat, bercak kering, dan kulit kusam adalah gejala dehidrasi yang sering muncul saat puasa selama bulan Ramadhan. Tapi jangan khawatir, Anda bisa mengatasi masalah–masalah tersebut dan membuat kulit Anda tetap cerah dan lembap. Dikutip dari Emirates Woman, berikut tips dan trik agar kulit selalu sehat saat puasa.

1. Minum banyak air

Baca Juga

Selama Ramadhan Anda perlu minum air sebanyak mungkin. Idealnya minumlah dua liter sehari untuk menghindari dehidrasi kulit, terutama saat cuaca sangat panas. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit kusam. Kekusaman ini akan memperparah kondisi kulit orang yang memang mempunyai jenis kulit kering.

Pastikan Anda juga mengonsumsi jus buah alami dan teh herbal. Dua minuman tersebut dapat membantu kulit Anda tetap lembap sepanjang musim panas. Jika Anda berpuasa, pastikan untuk minum air sebanyak mungkin saat berbuka puasa.

2. Pelembap dua kali sehari

Melembabkan kulit selama bulan Ramadhan sangat penting. Pastikan mengoles krim wajah dan losion tubuh setelah mandi dan sebelum tidur. Jika Anda akan keluar, cobalah mencari tempat teduh jika memungkinkan.

Pilih krim siang hari yang mengandung SPF untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya. Membawa toner juga merupakan ide yang baik. Toner membantu mendinginkan kulit dan memberikan hidrasi yang diperlukan sepanjang hari.

3. Hindari riasan yang berat

Hindari memakai banyak riasan tebal di siang hari ketika Anda sedang berpuasa seperti foundation dan concealer. Kombinasi panas, dehidrasi, dan make-up yang berat dapat menyebabkan jerawat. Lebih baik gunakan produk – produk kecantikan yang ringan seperti pelembap, krim BB, dan lipbalm dengan tambahan SPF.

4. Makan sehat

Saat berbuka dan sahur pastikan Anda memilih sayuran seperti wortel, brokoli, selada, dan bayam. Sayuran tersebut mengandung vitamin dan mineral penting untuk kulit. Kacang-kacangan dan buah-buahan seperti stroberi dan blueberry pun bisa dijadikan pilihanan hidangan yang  bisa disantap selama Ramadhan.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kurma  ke dalam daftar makanan sehat. Kurma merupakan sumber vitamin A, zat besi, kalium, magnesium, dan kalsium yang baik untuk kelembapan kulit.  Aprikot kering juga dapat dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kecerahan kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement