Kamis 02 May 2019 19:37 WIB

Italia Sebut Keju Parmesan Asli Bukan dari Ukraina, Amerika

Italia sebut keju parmesan asli cuma diproduksi negaranya, bukan di Ukraina, Amerika.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani./ Red: Reiny Dwinanda
Keju parmesan. Keju jenis parmesan masih aman dimakan jika ditumbuhi jamur. Cukup potong bagian berjamurnya.
Foto: Pixabay
Keju parmesan. Keju jenis parmesan masih aman dimakan jika ditumbuhi jamur. Cukup potong bagian berjamurnya.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Para penyelidik Pemerintah Italia telah melakukan investigasi rahasia dengan memindai internet untuk mengetahui kegiatan yang meragukan dan mencoba menggagalkan banyak ancaman. Seperti yang dilansir dari Strait Times, mereka mengungkapkan keju palsu juga bagian dari target operasinya.

“Ini terlihat seperti hal yang paling mencurigakan,” kata salah seorang penyelidik makanan Domenico Vona bulan ini setelah beberapa perintis internet menjual parmesan Italia buatan Ukraina.

Penjualan keju palsu tersebut berjalan secara terang-terangan. Vona kemudian mengajukan keluhan ke pasar daring Alibaba. Di sanalah keju kekuningan ini dijual.

“Ini jelas bukan parmigiano,” ujarnya Vona.

Jika Italia berhasil, nantinya tidak akan ada yang namanya parmesan ukraina atau bahkan parmesan amerika. Faktanya, tidak akan ada parmesan apapun selain parmiagiano reggiano yang diproduksi berdasarkan spesifikasi di sepetak kecil pedesaan Italia.

Selain itu, Italia melakukan apa yang bisa untuk merebut kembali keju khasnya, serta produk makanan dan alkohol yang ditiru. Di Brussels, diplomat Italia mendesak Uni Eropa untuk melindungi makanan Italia dalam kesepakatan perdagangan yang dinegosiasikan dengan negara lain.

Di Roma, tim pemerintah dari polisi makanan yang menggambarkan diri sendiri menandatangani perjanjian dengan pasar daring untuk menindak penjualan anggur, sosis, dan keju Italia palsu. Para pemimpin populis negara itu menghantam makanan tiruan “Buatan Italia” sambil memuji kebesaran masakan Italia.

“Saya ingin bendera tiga warna pada produk-produk Italia,” kata politisi Italia paling kuat, Matteo Salvini.

Sisi lain, makanan dan anggur di Uni Eropa dikaitkan secara historis dengan di wilayah tertentu dikategorikan sebagai produk asal geografis. Penjualan parmesan imitasi dilarang di Eropa. Makanan lain dengan perlindungan Eropa, termasuk asiago, roquefort, morbier, prosciutto di parma, dan grana padano.

Parmiagiano reggiano adalah merek dagang di Amerika Serikat dan sebagian besar negara lain. Istilah ini tidak dapat digunakan untuk keju non-Italia. Namun, dengan parmesan, produsen tidak dapat menghentikannya.

“Meskipun (parmesan kami) tidak persis sama, itu sangat mirip. Kami sengaja menghasilkan keju yang sedikit berkrim,”ujar Presiden Perusahaan Berbasis di Wisconsin Sartori, Jeff Schwager.

Parmiagiano reggiano diproduksi di bagian utara provinsi yang memberi nama keju. Provinsinya adalah Parma dan Reggio. Di luar zona yang disetujui, pembuatan keju tidak dapat dibuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement