Rabu 01 May 2019 02:05 WIB

7 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula (2-Habis)

Ada sejumlah hal yang harus diketahui oleh pemula sebelum mendaki gunung.

Rep: Umi Soliha/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah wisatawan menggunakan jas hujan saat mendaki di Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (27/7).
Foto: Antara/Budi Candra Setya
Sejumlah wisatawan menggunakan jas hujan saat mendaki di Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (27/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan sekaligus berisiko tinggi. Tak heran jika segala kelebihan yang disuguhkan oleh gunung membuat banyak orang berbondong–bondong menjadikan kegiatan ini sebagai hobi barunya.Namun, terkadang antusiasme tersebut tidak diimbangi dengan pengetahuan mendaki gunung yang cukup. Masih ada sebagian orang, khususnya pendaki pemula, meremehkan persiapan–persiapan yang sebetulnya wajib dilakukan sebelum mendaki.

Punya rencana mendaki gunung? Presenter Jejak Petualang Annisa Malati dan seven world summiteer Janatan Ginting memberi masukan untuk pendaki pemula. Berikut tipsnya.

4. Melakukan riset lokasi pendakian

Sebelum memulai pendakian, Anda wajib untuk mengetahui kondisi dari gunung yang dituju. Pastikan kondisi gunung memang layak untuk pendakian. Ini akan membantu Anda mengurangi kekhawatiran sebelum mendaki.

5. Latihan fisik yang cukup

Fisik dan mental yang bugar adalah faktor utama yang menentukan keberhasilan pendakian. Anda disarankan untuk melakukan olahraga rutin sebulan sebelum pendakian dilakukan. Anda hanya perlu berolahraga ringan, seperti jogging dan berenang, namun harus berkesinambungan.

6. Bawa barang secukupnya

Permasalah pendaki pemula adalah kekhawatiran yang terlalu berlebihan sehingga kebanyakan mereka membawa barang yang sangat berlebihan. Padahal, itu tidak diperlukan mengingat jalur mendaki gunung biasanya adalah rute yang ekstrem, bahkan bisa sangat ekstrem.

Beban yang berlebihan akan menghambat pendakian. Selain itu, perempuan pendaki gunung harus lebih cermat menimbang beban yang akan dibawanya. Perlu diingat, perempuan mempunyai tulang belakang yang lebih rawan dan rapuh dibandingkan dengan pria.

Membawa barang yang berlebihan tidak dianjurkan karena akan berpotensi membuat tulang belakang bengkok. Ini efek jangka panjang yang perlu diperhatikan.  Annisa mengatakan, tidak ada salahnya saat pendakian menngunakan jasa potter. Selain aman untuk fisik, Anda juga bisa membantu perekonomian daerah sekitar pendakian.

7. Berdoa

Tips terakhir ini disarankan oleh Janatan Ginting. Berdoa adalah hal yang tak kalah penting yang harus dilakukan sebelum mendaki. Dengan berdoa Anda akan lebih tenang dan percaya diri untuk memulai pendakian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement