Selasa 30 Apr 2019 16:03 WIB

Teh Juga Bisa Nikmat Meski tanpa Gula

Perlahan biasakan mengurangi asupan gula pada minuman.

Rep: Erik Iskandarsjah/ Red: Indira Rezkisari
Minuman teh.
Foto: Republika/Prayogi
Minuman teh.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Di berbagai negara, teh merupakan salah satu minuman yang cukup digemari. Sebagian orang menikmati teh manis dengan tambahan beberapa sendok gula, sebagian lagi lebih menikmati minuman tersebut tanpa gula.

Ternyata, sebenarnya teh tetap nikmat tanpa harus menambahkan gula. Dilansir dari Independent, Selasa (30/4), sebuah studi di University College London dan The University of Leeds menyatakan bahwa menikmati teh tanpa gula akan lebih sehat dan dapat menekan obesitas.

Baca Juga

Untuk membuktikan kenikmatan teh tanpa gula, studi itu pun melibatkan 64 orang yang biasa menikmati teh dengan gula. Kemudian, partisipan diminta untuk tak lagi menikmati teh dengan gula.

Setelah sebulan, ternyata partisipan itu tetap dapat menikmati seduhan teh dengan nikmat tanpa harus menambahkan gula. Di ujung studi, 42 persen dari partisipan pun memilih untuk menikmati teh tanpa gula.

Hal ini menjadi perhatian mengingat rata-rata masyarakat Inggris mengonsumsi gula sebanyak 700 gram per pekan. Padahal, jumlah yang ideal hanyalah 210 gram per pekan.

Ketua National Obesity Forum Inggris, Tam Fry pun menekankan, mengurangi konsumsi gula adalah hal yang sangat baik untuk kesehatan. Lagi pula, lanjutnya, gula sudah terkandung dalam beberapa makanan lain yang dikonsumsi dan sudah mencukupi kebutuhan gula untuk tubuh

“Untuk mengurangi konsumsi gula dalam minuman, perlu dilakukan secara bertahap. Sehingga, indra perasa dapat melakukan penyesuaian,” ujarnya. Ia pun menilai, kini sebagian masyarakat pun lebih memilih untuk mengonsumsi minuman ringan zero sugar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement