Senin 29 Apr 2019 16:03 WIB

Endgame Cetak Rekor Film Penghasilan Tertinggi di Dunia

Total penghasilan global dari Avengers: Endgame sudah mencapai 1,2 miliar dolar.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari
Chris Evans sebagai Captain America di Avengers: Endgame.
Foto: Disney/Marvel Studios via AP
Chris Evans sebagai Captain America di Avengers: Endgame.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Disney dan Marvel memang telah terbiasa memenangkan box office akhir pekan saat setelah merilis film terbaru masing-masing. Namun, Avengers: Endgame, mencetak rekor baru dalam sejarah box office mereka.

Dilansir di Business Insider, Senin (29/4), film yang menceritakan kelanjutan dari  petualangan para superhero komik Marvel Cinematics Universe, The Avengers, telah menghasilkan sekitar 350 juta dolar Amerika Serikat (AS) selama akhir pekan kemarin. Total penghasilan global dari produksi film itu pun mencapai 1,2 miliar dolar AS. Menjadikannya pendapatan pembukaan akhir pekan terbesar sepanjang masa.

Baca Juga

Angka tersebut memecahkan rekor film sebelumnya, Avengers: Infinity War. Infinity War menembus penghasilan sebanyak 257,6 juta dolar AS pada akhir pekan pertamanya. Menjadikannya film itu menjadi film pertama yang mampu melampaui angka 300 juta dolar AS di dalam negeri pada akhir pekan pembukaannya, ketika itu.

Pencapaian Endgame sendiri menjadi sangat luar biasa ketika film ini memiliki durasi selama tiga jam. Hal ini membuat studio-studio besar berusaha untuk tidak melakukan apa-apa dan itu berarti lebih sedikit jumlah pemutaran film harian di bioskop.

Akan tetapi hasilnya malah menunjukkan tingginya permintaan film ini bagi  penonton. Oleh sebab itu, kinerja industri pun turut berubah dan mengubah cara industri beroperasi untuk memuaskan penonton bioskop.

Ada beberapa hal mengapa pembukaan film ini begitu besar dan pesat.  Salah satunya adalah penjualan tiket presale yang sangat laku keras hingga melumpuhkan server situs web bioskop. Kemudian, menjelang akhir pekan kemarin, Marvel bersama dengan Disney menetapkan untuk menempatkan film Endgame pada lebih dari 4.600 layar AMC Theatres, rantai teater terbesar di dunia.

AS pun membuka banyak bioskop untuk 24 jam selama akhir pekan. Kegilaan rilisnya Endgame ini tidak hanya terasa di Amerika. Para penonton internasional tidak sabar menunggu pembukaan film.

Misalnya di Cina yang merupakan pasar film terbesar kedua di dunia. Film Endgame menerima lebih dari 107 juta dolar Amerika Serikat pada hari pembukaannya. Itu adalah kinerja satu hari terbaik yang pernah ada untuk pemutaran film Hollywood di Cina.

Sementara di AS, film Endgame menghasilkan 60 juta dolar AS. Angka itu merupakan pemecahan rekor dalam pertunjukan perdana Kamis, menghancurkan pemegang rekor sebelumnya Star Wars: The Force Awakens dengan angka 57 juta dolar AS.

Lalu, pada Jumat film ini menghasilkan 156,7 juta dolar AS pada Jumat, termasuk pemutaran perdana Kamis. Angka itu merupakan kinerja satu hari terbesar untuk film yang pernah melewati 119 juta dolar AS oleh Force Awakens.

Pada hari Sabtu, film ini menghasilkan 109 juta dolar AS. Angka ini menjadi rekor lain yang mengalahkan 82,1 juta dolar AS yang ditorehkan olleh Infinity War untuk pembukaan hari kedua terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement