Selasa 23 Apr 2019 16:36 WIB

Waspadai Dua Cedera Umum Saat Olahraga Pound Fit

Pound fit menggabungkan aerobik, tabuh tongkat, dan diiringi musik

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Christiyaningsih
Puluhan Pound Pro atau instruktur olahraga Pound Fit dari sejumlah kota di Indonesia mengikuti acara gathering Ion Water Pound Pro Party.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Puluhan Pound Pro atau instruktur olahraga Pound Fit dari sejumlah kota di Indonesia mengikuti acara gathering Ion Water Pound Pro Party.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga pound fit yang menggabungkan aerobik dan gerakan menabuh tongkat yang diiringi musik sangat menyenangkan dilakukan. Akan tetapi mereka yang melakoninya tetap harus mewaspadai cedera yang mungkin terjadi.

"Cedera biasanya lutut dan sakit punggung karena gerakannya kebanyakan squats," kata model dan presenter Rima Melati Adams yang menjadi instruktur pound fit di GudangGudang Studio.

Baca Juga

Saat dijumpai di Jakarta beberapa waktu lalu, Rima memberikan tips untuk orang yang baru mencoba pound fit. Kiat utama dari Rima adalah mengenali anatomi tubuh masing-masing.

Model dan pembawa acara asal Singapura itu meyakini setiap orang pasti sangat mengenal dan mengetahui tubuhnya sendiri. Motto take care of yourself selalu penting sebelum mengikuti kelas olahraga apapun.

Dia mengingatkan untuk tidak melewati batas. Perempuan 38 tahun yang menjadi finalis Miss Singapore Universe 2001 tersebut berujar sebaiknya berhenti melakukan pound fit apabila terasa sakit saat melakukan gerakan tertentu.

Sebelum memulai kelas, instruktur biasanya menanyakan kondisi peserta termasuk rasa sakit yang dirasakan. Demi keamanan fisik, cara menghindari cedera adalah dengan memodifikasi gerakan.

"Jangan progress dalam satu gerakan, regress, atau modifikasi saja. Kalau kondisinya parah banget jangan ikut kelas, harus terapi karena kalau dilanjutkan bahaya buat diri sendiri," kata Rima.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement