Senin 22 Apr 2019 14:25 WIB

Waktu Terbaik Kembangkan Kelekatan dengan Anak

Dua tahun pertama merupakan waktu terbaik bangun kelekatan dengan anak.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anaknya.
Foto: Antara
Ibu dan anaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua selalu ingin merasa dekat dengan anak. Banyak cara bisa dilakukan, namun di usia berapa kelekatan yang dibangun bernilai lebih?

"Dua tahun pertama kehidupan merupakan saat terbaik untuk membangun bonding antara anak dengan orang tuanya," kata psikolog Anak Chitra Annisya, MPsi dalam acara "Zwitsaland".

Baca Juga

Usia tersebut, menurut Chitra, merupakan waktu di mana orang tua benar-benar harus menyisihkan waktu untuk anak. Saat itu perhatian harus diberikan akan membangun kelekatan yang bisa berlangsung untuk selanjutnya.

Ketika usia di bawah dua tahun, anak memang membutuhkan perhatian dan bantuan dari orang tuanya. Dalam usia itu pun anak membangun perasaan aman yang menjadi fondasi kelekatan dengan orang tua.

"Dengan meluangkan 15 hingga 30 menit per hari sudah cukup," kata ahli dari Tiga Generasi ini.

Waktu yang memang terlihat padat itu bukan berarti tidak ada kelekatan. Saat ini, menurut Chitra, kualitas yang lebih diutamakan ketimbang kuantitas.

Hanya dengan durasi yang cukup, orang tua bisa membangun kelekatan, bahkan di dalam kegiatan rutin sehari-sehari. Chitra mencontohkann saat orang tua memandikan anaknya atau membantu membuat pekerjaan sekolah di di rumah.

"Terdapat tiga elemen utama untuk menciptakan momen kelekatan dengan buah hati, yaitu kontak mata, sentuhan, serta interaksi," kata Chitra.

Orang tua benar-benar bisa hadir di waktu tersebut. Sisihkan gangguan seperti gawai saat bersama anak, sehingga anak merasa benar-benar mendapatkan perhatian yang dibutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement