Selasa 16 Apr 2019 05:30 WIB

Bahaya yang Timbul dari Tinta Tato

Tinta yang dinodai oleh bakteri telah menjadi penyebab untuk banyak penyakit.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang muslim melakukan proses hapus tato gratis di Masjid Abdurrahman, Sindang, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (2/2/2019).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Seorang muslim melakukan proses hapus tato gratis di Masjid Abdurrahman, Sindang, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (2/2/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tato memang sebaiknya untuk dihindari. Di samping dilarang bagi Muslim, membubuhkan tinta di kulit ini memiliki risiko yang besar untuk kesehatan tubuh yang sangat perlu diperhatikan.

Ketika tato dibubuhkan, memang  normal untuk mengalami pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit. Hal ini membuat beberapa orang tidak akan memperhatikan masalah kesehatan di luar gejala yang relatif.

Beberapa orang, menurut American Academy of Dermatology (AAD), ternyata bisa mengembangkan infeksi atau reaksi alergi pada hari-hari, bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah mendapatkan tato. Perhatikan gejala yang dapat menunjukkan masalah yang lebih besar, termasuk rasa sakit yang memburuk, ruam, lepuh, atau benjolan di kulit, demam, panas dingin, dan nanah atau cairan yang berasal dari tato.

Sementara peralatan kotor atau praktik tato yang tidak aman kadang-kadang disalahkan atas komplikasi. Tinta tato yang tercemar juga bisa menjadi penyebabnya. Tinta tato sebagian besar tidak diatur, karena dianggap kosmetik.

Dengan kondisi tersebut, sulit untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang ada di dalam tinta tato, sehingga tidak tahu seberapa aman. Selama bertahun-tahun, tinta yang dinodai oleh bakteri telah menjadi penyebab untuk banyak penyakit kesehatan, termasuk reaksi kulit dan penyakit yang ditularkan melalui darah. Antara 2004 sampai 2016, FDA menerima laporan 363 efek samping yang terkait dengan tato.

Tato telah dikaitkan dengan kanker, namun, tidak secara pasti, sebab, hingga kini memang tidak ada cukup bukti untuk membuat klaim tersebut. Hanya saja, dokter telah mencatat sejumlah kecil kanker kulit melanoma yang muncul dalam tato.

Suatu tinjauan penelitian 2018 menemukan 30 kasus seperti itu, meskipun itu tidak dapat membuktikan apakah tato itu benar-benar menyebabkan kanker atau hanya tumpang tindih dengan daerah yang sakit.

Sebuah studi kasus tahun 2015 juga merinci kisah tentang seorang pria yang didiagnosis dengan melanoma hanya di daerah-daerah bertato pada dadanya yang dilakukan dengan tinta merah. Pola itu menunjukkan tatonya mungkin telah menyerang kanker, kemudian menyebarkannya ke bagian lain dari kulitnya sambil menyelesaikan desain.

Sebuah studi kecil di 2017 juga menemukan, partikel titanium dioksida dari tinta tato dapat menyebar dan menumpuk di kelenjar getah bening. Sementara penelitian tidak membuat kesimpulan tentang bagaimana akumulasi ini dapat mempengaruhi kesehatan dalam jangka panjang, penelitian ini memicu kekhawatiran tinta tato dapat dikaitkan dengan kanker, karena titanium dioksida telah diklasifikasikan sebagai kemungkinan karsinogen.

Meskipun sangat jarang, beberapa orang mengalami masalah kesehatan yang tidak biasa dan parah setelah ditato. Pada tahun 2017, seorang model hampir kehilangan matanya setelah mengalami infeksi serius karena tinta disuntikkan ke putih matanya untuk mengubah warnanya.

Tahun berikutnya, dokter di Skotlandia mengatakan tato kaki yang besar pada seorang wanita mungkin menjadi penyebab peradangan dan melemahkan rasa sakit pada anggota badan. Banyak orang yang memiliki reaksi alergi yang cukup parah sehingga memerlukan pengangkatan tato atau perawatan lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement