Kamis 11 Apr 2019 07:24 WIB

Asah Aspek Tumbuh Kembang Anak di Wonderfest

Wonderfest tawarkan permainan interaktif dan edukatif di masa liburan panjang.

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
 Desy Bachir, Co-Chairman Wonderfest (kiri) dan Mona Ratuliu.
Foto: dok Wonderfest
Desy Bachir, Co-Chairman Wonderfest (kiri) dan Mona Ratuliu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bermain merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak. Ternyata dengan bermain, ada lima aspek tumbuh kembang anak yang bisa lebih optimal, yakni aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa dan sosial.

Melihat kebutuhan itu dan menyediakan alternatif liburan, Wonderfest hadir sebagai festival anak dan keluarga terbesar di Indonesia. Wonderfest menawarkan berbagai pengalaman bermain interaktif dan edukatif di Jakarta Convention Center (JCC) pada 20-23 Juni 2019 nanti.

Baca Juga

Desy Bachir, Co-Chairman Wonderfest, menjelaskan berdasarkan Survei Consumer & Media View (CMV) pada kuartal kedua 2016 yang dilakukan Nielsen ditemukan jumlah durasi rata-rata anak-anak di Indonesia menggunakan internet adalah 2 jam 29 menit. Karena itu dibutuhkan suatu inspirasi aktivitas yang bisa menyeimbangi kelima aspek yang dibutuhkan.

"Pengalaman kami sebagai penyelenggara Ideafest yang sudah diadakan bertahun-tahun, melihat kurangnya aktivitas atau acara edukatif yang didedikasikan khusus untuk anak dan keluarga apalagi saat liburan panjang sekolah," kata dia di Jakarta, Rabu (10/4).

Festival juga ditunjang dua panggung untuk sejumlah penampilan dan kegiatan kompetisi. Selain itu, ada pula workshop dan tentunya zona-zona bermain sesuai perkembangan anak.

"Kami ingin memanjakan anak dan keluarga sesuai zona perkembangan anak, ada sains untuk kognitif, kecerdasan, ada kreativitas, aktivitas fisik. Kami harap dari sisi emosional dan sosial juga bisa kelihatan," ujarnya.

Wonderfest diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang bisa mendukung lima aspek tumbuh kembang anak serta momen kedekatan (bonding) istimewa bagi seluruh anggota keluarga. Untuk tiket, ia belum memberikan bocoran namun nantinya akan diumumkan di situs maupun akun instagram  Wonderfest.co.

Mona Ratuliu, Figur Publik & Penulis ParenThink menceritakan pengalamannya dalam mengasuh anak-anak. Menurutnya, melek teknologi dan internet adalah keharusan, tetapi ia harus cerdas dalam menyeimbangkan hal-hal lain yang menyangkut tumbuh kembang anak-anak. Terutama saat mereka masih bayi hingga 12 tahun.

"Hadirnya Wonderfest menjadi pilihan acara yang menarik karena kegiatan edukatif dikemas dengan sangat menarik dan interaktif. Sehingga anak-anak dan orang tua tetap bisa menikmati seluruh rangkaian acara tanpa merasa bosan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement