Rabu 10 Apr 2019 11:59 WIB

Radioterapi RSUD Pasar Minggu Layani Pasien Umum dan BPJS

Radioterapi menjadi salah satu jenis pengobatan untuk kanker.

Salah satu alat radioterapi yang ada di RSUD Pasar Minggu.
Foto: ist
Salah satu alat radioterapi yang ada di RSUD Pasar Minggu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Radioterapi RSUD Pasar Minggu melayani pasien umum dan BPJS. Radioterapi merupakan salah satu tindakan medis yang diperlukan dalam tata laksanan penyakit kanker. Kanker merupakan penyakit akibat pertumbuhan jaringan yang tidak terkontrol dalam tubuh manusia, sukar disembuhkan dan bersifat fatal. Di Indonesia, kanker merupakan penyebab kematian nomor tiga setelah penyakit jantung dan stroke.

Jenis pengobatan kanker yang tersedia dan berlaku sama di seluruh dunia adalah pembedahan, penyinaran (radioterapi) dan obat-obatan pembunuh sel kanker (kemoterapi), serta saat ini berkembang pula terapi-terapi baru (novel treatment) yang menjanjikan dan mulai digunakan secara luas seperti imunoterapi (menargetkan sistem daya tahan tubuh sebagai senjata memerangi sel-sel kanker), pengobatan dengan hormon dan berbagai teknik terapi lainnya.

Baca Juga

photo
Proses radioterapi di RSUD Pasar Minggu.

Pelayanan Radioterapi RSUD Pasar Minggu terdiri dari klinik konsultasi Spesialis Onkologi Radiasi, CT Simulator, Radiasi Eksterna dan Pengukuran paparan radiasi. Teknologi yang digunakan oleh RSUD Pasar Minggu adalah teknologi yang terbaru dan termutakhir, diantaranya CT Simulator - 3D-CRT (Three - Dimensional Conformal Radiation Therapy) - IMRT (Intensity - Modulated Radiation Therapy).

 

RSUD Pasar Minggu memberikan Pelayanan Radioterapi kepada pasien mandiri dan BPJS. Untuk pasien mandiri RSUD Pasar Minggu memiliki paket radiasi eksterna berupa  konsultasi dengan Dokter Spesialis Onkologi Radiasi sebanyak 5x (awal dan selama radiasi), CT Simulator sebanyak 1x (tahap awal radiasi) dan  radiasi Eksterna 25 - 35 fraksi. Paket ini terdiri dari Paket 3D-CRT dan  Paket IMRT.

 

Bagi pasien yang memiliki asuransi BPJS, hanya cukup membawa  Surat Rujukan dari faskes, Foto Copy Kartu BPJS dan Foto Copy KTP. Pelayanan Radioterapi RSUD Pasar Minggu buka setiap hari Senin - Jumat. Dari jam 07.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement