Rabu 10 Apr 2019 08:02 WIB

Lakukan Ini Ketika Mulai Merasa Sakit

Segera tidur adalah langkah paling efektif saat mulai merasa sakit.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Tubuh Mulai Sakit. Salah satu gejala tubuh sakit adalah munculnya panas tinggi.
Foto: Pixabay
Tubuh Mulai Sakit. Salah satu gejala tubuh sakit adalah munculnya panas tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Iklim yang berubah dan tingkat polusi kota telah menjadikan cuaca sekarang menjadi lebih ekstrim. Penyakit flu dan tubuh yang mulai merasa sakit pun tak bisa dihindari. Nyeri, menggigil, sakit kepala, demam dan pilek adalah beberapa gejala flu musiman yang paling umum.

Jadi, apa langkah pertama ketika Anda mulai merasakan menggigil dan tahu bahwa akan sakit? Minum obat? Tapi apakah Anda harus minum obat segera setelah mulai merasa sakit? Sebuah penelitian baru mengatakan sebaliknya.

Baca Juga

Jika ingin sistem kekebalan tubuh Anda memerangi infeksi virus secara efisien, langkah pertama Anda harus menuju tempat tidur dan beristirahat.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam The Journal of Experimental Medicine melacak sepuluh orang. Separuh orang tetap terjaga selama satu malam sementara separuh lainnya tidur dengan normal. Dua minggu kemudian, para relawan mengganti peran.

Kemudian para peneliti mengambil sampel darah dari masing-masing kelompok, mengukur sel T sistem kekebalan tubuh.

Hasilnya adalah bahwa tidur memungkinkan sel T yang melawan infeksi bekerja lebih baik. Para peserta yang tetap terjaga di malam hari menghambat kemampuan sel T mereka. Namun, para peserta yang diizinkan tidur, memiliki sel T yang waspada dan aktif.

Penelitian menunjukkan bahwa tidur berpotensi meningkatkan efisiensi respons sel T. Respons penting mengingat tingginya prevalensi gangguan dan kondisi tidur.

Jadi, lain kali saat Anda mulai merasa pusing, sakit dan buruk, beri tahu atasan Anda bahwa Anda harus segera tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement