Kamis 04 Apr 2019 09:31 WIB

Perempuan Indonesia Masih Enggan Gunakan Pelembap Badan

Pelembap badan berguna menjaga kesehatan kulit dari polusi dan sengatan matahari

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Kulit tubuh. Ilustrasi
Foto: Sciencealert
Kulit tubuh. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sengatan matahari dan polusi akan didapat ketika beraktivitas di luar dan paparan pendingin ruangan akan dirasakan saat di dalam ruangan. Dengan masalah tersebut banyak orang cenderung fokus untuk lebih memperhatikan kondisi kulit pada bagian wajah.

Dalam survei yang dilakukan produk perawatan kulit Marina terhadap 1,739 perempuan muda Indonesia, ditemukan 849 responden enggan menggunakan pelembap badan. Alasan yang diberikan karena mereka ternyata tidak paham akan pentingnya kegunaan losion tubuh dalam menjaga kesehatan dan kekenyalan kulit dan merasa kulit mereka dalam kondisi baik-baik saja.

Baca Juga

Padahal, kulit merupakan lapisan terluar dan terluas yang melindungi tubuh dari lingkungan luar. Selain fungsi sebagai organ indera dan alat ekskresi, kulit membantu mempertahankan kelembapan dan untuk imunitas atau kekebalan tubuh.

Ditemukan juga 17 persen perempuan masih memiliki tujuan untuk kulit yang putih dan mulus, ketimbang  kulit yang cerah, kenyal, dan ternutrisi. Akan tetapi, sebanyak 83 persen sudah tidak lagi percaya pada standar kecantikan kulit yang diidentikkan dengan warna kulit yang putih.

Sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap kenyal dan sehat. Ini karena kualitas kulit bukan hanya menentukan estetika penampilan. Kulit juga memberikan perlindungan yang optimal.

Penggunaan pelembap setiap hari sangat diperlukan untuk menjadi pelindung dari kondisi yang bisa merusak kulit. Losion mampu memberi nutrisi kulit dari luar dan menjaga kemampuan regenerasi kulit tetap baik.

"Pilihlah produk perawatan yang memiliki kandungan yang menyehatkan dan gunakan secara rutin, karena kondisi kulit sehat tidak bisa didapatkan secara instan. Kulit yang sehat paling mudah diindikasikan dengan tekstur yang kenyal jika disentuh dan warna yang cerah merata," kata dermatolog Kardiana Purnama Dewi belum lama ini.

Spesialis kulit ini menjelaskan perlindungan terhadap kulit pun harus dilakukan sejak remaja. Siklus regenerasi kulit seiring bertambahnya usia akan semakin melambat sehingga merawat kulit sejak muda maka akan mencegah penuaan dini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement