Selasa 02 Apr 2019 16:09 WIB

3 Trik untuk Merasa Kenyang tanpa Harus Makan Lagi

Rasa kenyang bisa dimunculkan tanpa harus makan lagi.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Posting makanan di Instagram (Ilustrasi)
Foto: Google
Posting makanan di Instagram (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perut bukan merupakan satu-satunya bagian tubuh yang menentukan seberapa sering orang merasa kelaparan. Tetapi, otak juga memiliki peran serta soal itu.

Dilansir health24 pada Selasa (2/4), penelitian menawarkan tiga trik mental untuk membungkam perut yang keroncongan. Trik ini dapat mengendalikan nafsu makan dan juga mengidam.

1. Membayangkan makanan

Kedengarannya agak aneh, tetapi penelitian dalam jurnal Appetite menemukan bahwa, hanya memikirkan makanan dapat meningkatkan perasaan mengenyangkan. Mengingat kepuasan masa lalu dari memakannya juga dapat mempengaruhi seberapa kenyang perasaan Anda sekarang.

2. Singkirkan dari pandangan

Entah itu menu atau stoples kue atau apa pun yang dapat mendatangkan godaan untuk makan, singkirkan saja dari pandangan. Riset menunjukkan bahwa tindakan menyisihkan sesuatu dapat memberi rasa enggan makan dan membuat apa pun yang sedang dimakan memberi rasa kenyang.

3. Tidak bermain Instagram saat setelah makan dan akan makan

Rentetan unggahan tentang makanan di media sosial mungkin akan memicu rasa ingin makan meski sebenarnya perut tak pula kosong. Menurut penelitian, otak kita berevolusi untuk mengharapkan energi dari hanya dengan melihat postingan makanan.

Oleh sebab itu, sebaiknya jika ingin mengendalikan nafsu makan, berhentilah melihat-lihat foto-foto makanan di media sosial, termasuk di Instagram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement