Senin 18 Mar 2019 15:40 WIB

Skandal Suap, Kontrak Olivia Jade Diputus Dua Merek Kosmetik

Orang tuanya menyuap agar Olivia Jade bisa masuk universitas lewat jalur atlet.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Lori Loughlin (tengah) berpose dengan anak-anaknya, Bella (kiri) dan Olivia Jade saat menghadiri Teen Choice Awards di Los Angeles, Agustus 2017.
Foto: AP
Aktris Lori Loughlin (tengah) berpose dengan anak-anaknya, Bella (kiri) dan Olivia Jade saat menghadiri Teen Choice Awards di Los Angeles, Agustus 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Kontrak Olivia Jade sebagai influencer akhirnya diputus oleh dua perusahaan kosmetik. Kebijakan itu diambil setelah warganet bereaksi keras terhadap skandal suap sang bunda, aktris Lori Loughlin, untuk memasukkan Olivia ke University of Southern California dari jalur atlet.

Baca Juga

Perusahaan perawatan rambut Tresemme menyatakan, mereka tidak lagi bekerja dengan influencer media sosial berusia 19 tahun itu sejak Kamis (14/3) waktu setempat. Olivia, yang dikenal luas sebagai bintang Youtube dengan jutaan pengikut itu sebelumnya juga telah bekerja dengan Sephora selama beberapa waktu.

 

Tahun lalu, Olivia bahkan merilis paletnya sendiri sebagai bagian dari kolaborasi dengan label Sephora. Pemutusan kontrak kemitraan dengan Olivia ditempuh Sephora setelah pada hari Selasa lalu terungkap bahwa Lori dan suaminya Mossimo Giannulli didakwa oleh FBI dengan tuduhan membayar suap 500 ribu dolar AS agar Olivia dan adik perempuannya masuk perguruan tinggi.

“Setelah meninjau ulang perkembangan terakhir dengan cermat, kami telah memutuskan untuk mengakhiri kemitraan Sephora Collection dengan Olivia Jade, efektif segera,” kata merek tersebut kepada DailyMail.com dalam sebuah pernyataan, dilansir Senin (18/3).

Keputusan itu diambil setelah toko tersebut menghadapi kritik pedas secara daring. Para pelanggan beramai-ramai mengancam akan memboikot toko Sephora jika tidak memutuskan hubungan dengan Olivia dan menghapus semua produk kolaboratif dari raknya.

Sephora belum mengkonfirmasi apakah mereka terus menjual Olivia Jade x Sephora Collection bronze and Illuminate pallete di tokonya. Namun, produk-produk itu telah ditarik dari laman perusahaan pada Kamis siang waktu setempat.

Selain itu, Sephora juga menghapus halaman khusus Olivia Jade dari laman resminya. Mereka belum mengumumkan apakah mereka telah mengakhiri kemitraannya dengan Youtuber muda itu secara keseluruhan.

InfluencerMarketingHub.com memperkirakan, Olivia Jade memiliki potensi untuk menghasilkan sekitar 4.000 dolar AS setiap kali dia membagikan gambar berbayar di akunnya. Influencer yang memiliki 1,3 juta pengikut Instagram dan 1,9 juta subscriber di Youtube itu juga memiliki kerja sama dengan Marc Jacobs Beauty, Calvin Klein, Lulus, Amazon, SmileDirectClub, dan WindsorStore.com.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya