Sabtu 16 Mar 2019 11:58 WIB

James Gunn Kembali Sutradarai Guardians of the Galaxy

Disney memperkerjakan kembali James Gunn pascapemecatannya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Sutradara James Gunn.
Foto: EPA
Sutradara James Gunn.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Disney mengumumkan kembali merekrut sineas James Gunn untuk menyutradarai film Guardians of the Galaxy. Sekuel ketiga dari film itu sempat mengalami penundaan produksi karena Gunn tersandung kasus akibat cicitan Twitter di masa lalu.

Setelah dirinya resmi bergabung kembali, Gunn yang sempat meninggalkan aktivitas Twitter kini menuliskan status baru. Dia merasa bersyukur serta menyampaikan terima kasih kepada sahabat dan semua orang yang mendukungnya di masa sulit.

Baca Juga

"Saya selalu belajar dan akan terus berusaha menjadi manusia versi terbaik yang saya bisa. Saya sangat menghargai keputusan Disney dan bersemangat untuk terus membuat film yang mendalami ikatan cinta yang menyatukan kita semua," tulis Gunn di Twitter, Jumat (15/3).

Pada Juli 2018, Disney memecat Gunn karena cicitan lama di media sosialnya dinilai ofensif. Gunn menuliskan status itu satu dekade lalu, tetapi cicitan kembali mengemuka karena diungkit oleh tokoh konservatif yang merasa tersinggung dengan hal itu.

Meski Gunn sudah meminta maaf, Disney telah menetapkan memutus kontraknya. Pemberhentian itu memicu kontroversi dan membuat Marvel Studios menunda produksi film. Walaupun, pimpinan Marvel Kevin Feige memastikan proyek film akan tetap berlanjut.

Para pemain Guardians of the Galaxy berada di pihak Gunn dan mendukungnya. Aktor Chris Pratt bersama rekan-rekannya, Zoe Saldana, Bradley Cooper, dan Dave Bautista menandatangani surat terbuka yang mendesak agar rumah produksi kembali melibatkan Gunn.

Beberapa pekan setelah pemecatan Gunn, timbul spekulasi mengenai penggantinya hingga pertengahan musim gugur. Seorang sumber mengatakan, Marvel dan Disney tidak pernah mencari pengganti Gunn dan pada akhirnya membuat kesepakatan baru dengan sang sutradara.

Gunn sempat pindah ke Warner Bros dan DC untuk menulis skenario sekaligus menyutradarai sekuel The Suicide Squad. Dia tetap mengarahkan film yang akan rilis 6 Agustus 2021 itu. Aktor Idris Elba akan terlibat sebagai pemeran dalam film.

Sementara, film-film Guardians of the Galaxy menuai kesuksesan besar untuk Marvel. Film pertamanya pada 2014 meraup keuntungan global lebih dari 773 juta dolar AS. Sekuel kedua pun sukses dengan pendapatan internasional 863 juta dolar AS.

Belum ada informasi resmi mengenai jadwal perilisan Guardians of the Galaxy Vol 3. Semula, Gunn memprediksi film akan tayang pada 2020 tetapi agaknya akan mengalami kemunduran, dikutip dari laman Hollywood Reporter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement