Selasa 12 Mar 2019 18:15 WIB

Nirina Zubir Inginkan Jalur Khusus Sepeda

Nirina Zubir gemar bersepeda.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Nirina Zubir
Foto: Republika/Desy Susilawati
Nirina Zubir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai pesepeda, Nirina Zubir, yang dikenal sebagai presenter juga aktris mengaku sangat mementingan keamanan dan kenyamanan saat bersepeda di jalan raya. Demi keamanan goweser, Nirina berharap pemerintah menyediakan lebih banyak lagi jalur khusus untuk pesepeda.

Nirina juga mengimbau agar pengguna jalan berbagi jalan dengan pesepeda. Ia menyadari tiap orang memiliki kepentingannya masing-masing saat menggunakan jalan raya.

Baca Juga

“Jalan hanya segitunya. Kalau ada orang bersepeda, tenaganya berbeda. Tenaga kaki, kayuh. Tolong pengertiannya, kerja samanya. Setidaknya, tidak membuat kaget di jalan yang hanya segitu," ujarnya.

Sebagai goweser, Nirina kerap dibuat kaget dengan ulah pengemudi kendaraan bermotor. Ketika ia hendak lewat dengan sepedanya, pengendara roda empat dan roda dua malah memacu tunggangannya.

"Ngagetin banget," ujarnya.

Nirina mengacungkan jempol untuk warga yang tinggal di Bintaro, Tangerang Selatan. Meskipun tidak tinggal di sana, ia memilih bersepeda di Bintaro karena empati warga setempat.

“Kalau ada sepeda, mereka berhenti dulu, memelankan laju kendaraannya agar kami yang bersepeda bisa lewat," kata Nirina.

photo
Nirina Zubir dan suami Ernest Fardiyan Syarif

Nirina yakin dengan adanya jalur khusus sepeda, jumlah orang yang naik motor akan berkurang. Orang bisa jadi akan beralih ke sepeda ketika fasilitasnya tersedia.

“Udara jadi bersih dan langit jadi biru lagi. Kita bisa bersepeda, menyapa orang lain, sambil ngegowes. Mengembalikan Indonesia ramah, Indonesia sehat,” kata Nirina.

Harapan yang sama juga diungkapkan oleh suami Nirina, Ernest Fardiyan Syarif. Menurut mantan gitaris band Cokelat ini, kota besar di Asia Tenggara sudah banyak menyediakan jalur khusus sepeda.

"Mudah-mudahan di Jakarta dalam waktu dekat ada jalur sepeda sendiri. Siapapun yang mau main sepeda bisa melakukannya tanpa ada gangguan dari kendaraan lain. Biar aman,” ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement