Sabtu 09 Mar 2019 14:04 WIB

8 Manfaat Susu Kayu Manis

Kayu manis kaya akan sumber antioksidan, antimikroba, dan antiradang.

Rep: MGROL121/ Red: Ani Nursalikah
Susu dengan kayu manis.
Foto:

Memperkuat Tulang

Meminum susu kayu manis setiap hari bisa memberi Anda tulang yang lebih kuat dan sehat. Karena susu dan kayu manis memiliki kandungan kalsium yang baik. 100 gram kayu manis mengandung 1,002 mg kalsium dan 100 gram susu memiliki 125 mg kalsium. Kalsium membantu membangun dan mempertahankan tulang kuat, menjaga jantung, otot, dan saraf. Kayu manis bahkan membantu menyerap mineral lain lebih baik.

Melawan Pilek dan Alergi

Minum susu kayu manis hangat membantu kerja tubuh melawan pilek. Minuman ini bisa menghilangkan gejala alergi seperti sakit kepala, bersin-bersin, dan pusing akibat pilek. Selain itu, juga dapat melawan reaksi histamin umum dalam tubuh.

Mengurangi Peradangan

Kayu manis memiliki antiradang yang membantu penyembuhan radang dalam tubuh. Peradangan adalah faktor risiko besar penyebab kanker, sakit jantung, penurunan kognitif, dan lain-lain. Mengkonsumsi susu kayu manis membantu meringankan rasa sakit karena nyeri otot, nyeri haid, dan gejala nyeri lainnya.

Meningkatkan Kinerja Otak

Alzheimer dan Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif yang mengarah pada hilangnya fungsi sel-sel otak secara progresif. Kayu manis mengandung dua senyawa yang memberhentikan penyebaran protein yang disebut tau di otak, yang menjadi penyebab dari Alzheimer. Rempah ini juga membantu melindungi neuron dan meningkatkan fungsi motorik yang berkaitan dengan penyakit parkinson.

Beberapa orang bisa alergi jika mengonsumsi kayu manis. Bernapas di dekat kayu manis, memakan atau menyentuh rempah ini bisa menyebabkan gejala alergi seperti bersin ringan, gatal di mulut, hingga muntah. Bila Anda alergi laktosa, maka segelas susu akan menyebabkan reaksi alergi seperti sakit perut dan diare.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement