Jumat 08 Mar 2019 13:42 WIB

Michelle Obama Sebut Pippi Longstocking Buku Favoritnya

Michelle Obama terkagum-kagum dengan sosok Pippi Longstocking.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Michelle Obama
Foto: AP
Michelle Obama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama mengaku keluarganya memiliki budaya membaca yang cukup kuat. Ia pun gemar membaca sejak kecil.

Lantas, apa buku favoritnya? Michelle rupanya jatuh cinta dengan karakter dengan "kekuatan manusia super." Superhero dalam buku favoritnya itu berkuncir.

Dalam sebuah wawancara untuk serial video "Open Book" yang tayangkan di Today, Michelle mengenang cinta pertamanya pada buku berjudul Pippi Longstocking. Ibu dua anak itu masih ingat sosok Pippi yang unik.

"Saya benar-benar terpesona dengan gadis kecil yang kuat ini. Dia merupakan pusat dari segalanya. Dia ajaib. Maksudku, dia lebih kuat dan lebih tangguh daripada siapa pun. Dia memiliki kekuatan manusia super," kata Michelle kepada Today.

Michelle juga takjub dengan sosok Pippi yang hidup sendirian. Di buku cerita karya Astrid Lindgren itu tak dijelaskan alasan Pippi hidup sendirian atau siapa yang merawatnya. "Dia merawat dirinya sendiri," ujar Michelle.

Sementara itu, Michelle suka membacakan Goodnight Moon untuk anak-anaknya. Sang suami, Barrack Obama, lebih menyukai Where the Wild Things Are yang dibacakannya kepada sekelompok anak-anak (dan lebah) di Gedung Putih.

"Kami adalah keluarga tukang baca," katanya.

Ketika ditanya buku-buku yang paling mempengaruhinya sebagai orang dewasa, Michelle memilih The Grapes of Wrath dan Song of Solomon karya Toni Morrison.

"Saya jarang punya waktu untuk membaca kembali buku-buku, tapi Song of Solomon, setiap kali saya mengambilnya, saya tertarik dengan cerita itu," kata Michelle.

Tentu saja, Michelle juga memiliki guilty pleasure dalam hal pilihan buku. Dia menunjuk Gone Girl karya Gillian Flynn atau The Girl on the Trainkarya Paula Hawkins sebagai fiksi yang bagus.

"Itu hanya semacam cerita yang bagus. Itu tidak semacam mengajarkan Anda apa pun," kata Obama.

Dan hari-hari ini, dia senang membiarkan anak-anaknya merekomendasikan buku kepadanya. "Malia adalah penggemar berat Zadie Smith, jadi aku membaca kembali White Teeth bersamanya."

Sejak meninggalkan Gedung Putih, Michelle bisa membaca dari rumah merangkap kantornya. Ada tempat khusus baginya untuk larut dalam bacaan.

"Aku punya kursi dengan lampu kecil dan ottoman. Dan aku melakukan segalanya dari kursi itu. Aku menjalankan dunia dari kursi itu," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement