Selasa 05 Mar 2019 17:12 WIB

Mark Hamill Kritik Jarak Tayang Star Wars

Penayangan Star Wars dinilai terlalu mepet satu film dengan film lainnya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Mark Hamill
Foto: EPA
Mark Hamill

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda Star Wars Mark Hamill kembali menunjukkan ketidaksukaannya terkait jarak perilisan saga ikonik tersebut. Di setiap kesempatan wawancara, aktor yang memerankan Luke Skywalker itu kerap membahas jarak penayangan Star Wars yang dianggapnya terlalu cepat, dari The Force Awakens (2015), The Last Jedi (2017), dan yang akan datang Episode IX (Desember 2019).

Meski mendapatkan sambutan hangat dari para kritikus dan penonton bioskop, Hamill tetap mengkritik Lucas Film dan Walt Disney sebagai rumah produksi trilogi. Ia menilai jarak tiga tahun mungkin lebih baik.

"Sekarang dua tahun, dengan film independen (Rogue One, Solo) di antaranya. Saya katakan kepada eksekutif di Disney, "Benar nih?" Han Solo ditayangkan lima bulan setelah The Last Jedi? Beri jedalah! Dan mereka berkata, "Iya, kami harus mengalokasikan waktu untuk pemutaran Mary Poppins"," ungkap Hamill, dilansir laman Express.

photo
Ketiga artis ini Harrison Ford (kiri), Carrie Fisher (tengah) dan Mark Hamill (kanan) terkenal setelah membintangi film Star Wars.

Hamill juga mengaku tidak senang dengan kenyataan bahwa dia tidak pernah satu layar lagi dengan Han tua (Harrison Ford) dalam trilogi baru ini. Dia bahkan menganggap itu sebagai kesalahan besar.

Trilogi baru ini tidak menampilkan adegan antara dirinya, Harrison Ford, dan mendiang Carrie Fisher. Han telah terbunuh di The Force Awakens dan Luke meninggal di The Last Jedi. Meski pemerannya sudah tutup usia pada 2016, Leia akan muncul di Episode IX melalui rekaman arsip.

"Saya mengatakan bahwa itu adalah kesalahan besar, bahwa ketiga orang (Luke, Han, Leia) tidak akan pernah bersatu kembali dengan cara apa pun. Luke, Han, dan Leia tidak akan pernah bersama lagi, dan aku mungkin tidak akan pernah bisa bekerja dengan Harrison lagi," ujarnya.

Dia bahkan pernah berselisih paham dalam satu adegan khusus dari The Last Jedi. Adegan itu saat dirinya diminta berjalan dengan C3PO.

"Saya tidak bisa melakukan itu! Dan Rian Johnson (sutradara) berkata, 'Oke, pergi dan lakukan apa saja.' Jadi, saya pergi dan saya melakukan apa pun," ujarnya.

Hamill dipastikan muncul dalam film terakhir saga, Episode 9. Namun, mengingat Luke Skywalker meninggal di The Last Jedi, masih harus dilihat apakah ia akan bermain sebagai Force Ghost atau sebagai bagian dari adegan kilas balik. Star Wars 9 rilis pada 19 Desember di Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement