Senin 04 Mar 2019 14:19 WIB

Vina Panduwinata Eksplorasi Genre Musik di Album Baru

Album baru Vina jawab keluhan penggemar yang kasetnya tak bisa diputar lagi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Konser Vina Panduwinata: Penyanyi Vina Panduwinata saat tampil di The Pallas, SCBD, Jakarta, Selasa (27/2) malam.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Konser Vina Panduwinata: Penyanyi Vina Panduwinata saat tampil di The Pallas, SCBD, Jakarta, Selasa (27/2) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diva pop Vina Panduwinata mengeksplorasi beragam genre musik di album terbarunya, Dua Anak Manusia. Karya tersebut memuat sejumlah karya lama Vina yang dikemas dengan lebih kekinian.

"Ini lagu-lagu lamaku yang coba diaransemen ulang," ungkap penyanyi yang akrab disapa Mama Ina tersebut kala merilis album di The Pallas di SCBD, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Karya yang diproduksi di bawah naungan label Musica Studio's itu memuat 12 lagu. Ada lagu yang megalami perubahan sehingga lebih bernuansa musik country, musik dansa elektronik (EDM), atau jazzy.

Tajuk album Dua Anak Manusia diambil dari salah satu lagu ciptaan Vina berjudul sama. Versi aslinya termuat pada album Cinta rilisan 1986. Kini, versi baru lagu itu dikemas dalam nuansa musik country.

Sementara, nuansa tembang "Selamat Malam" agak berbeda karena beberapa waktu lalu menjadi lagu tema film Suzanna. "Dunia Kudamba" ciptaan Rully Johan mendapat perubahan aransemen EDM oleh Ikmal Tobing dan DJ Goeslan.

Keputusan Vina mengombinasikan berbagai genre musik menjadi upaya mendekatkan diri kepada penggemar dari generasi muda. Dengan kemasan semakin modern, dia ingin penikmat musik milenial bisa ikut menggandrungi karyanya.

Alasan lain Vina menghadirkan album baru yaitu desakan penggemar yang meminta Vina menghadirkan karya dalam bentuk fisik. Sebagian kolektor karya Vina menyampaikan keluhan bahwa kaset lama mereka tidak bisa diputar lagi.

Vina berharap albumnya bisa diterima oleh para pencinta musik di Tanah Air. Selain diluncurkan dalam bentuk cakram kompak, album Dua Anak Manusia juga sudah tersedia di berbagai kanal musik digital.

"Mama Ina berharap para sahabat dan kolektor bisa mendengarkan kembali lagu-lagu yang mereka suka dalam versi yang baru," tutur Vina yang sudah memulai karier di belantika musik sejak 1981.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement