Senin 25 Feb 2019 12:38 WIB

Pemenang Oscar 2019 Gambarkan Perwakilan Ras

Dulu, pemenang Oscar dari kulit berwarna hanya dua orang per tahun.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Regina King
Foto: AP
Regina King

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Rami Malek, Regina King, dan Mahershala Ali masing-masing menerima piala Academy Awards untuk penampilan di film mereka. Kemenangan itu bukan sebagai kemeriahan untuk diri sendiri, namun kemenangan mereka juga secara kolektif mencatat pencapaian tonggak untuk perwakilan ras di Hollywood.

Malek berhasil memperoleh aktor terbaik, King dengan artis pendukung, dan Ali sebagai aktor pendukung.Kemenangan trio ini pertama kalinya dalam sejarah Academy Awards sebagai mayoritas pemenang untuk kategori peran.

Baca Juga

Mereka sukses tampil dalam film Bohemian Rhapsody, If Beale Street Could Talk, dan Green Book. Malek memerankan vokalis Queen Freddie Mercury, King berperan sebagai Sharon Rivers, dan Ali bermain pianis jazz Don Shirley.

Hingga pengumuman Oscar 2019, jumlah pemeran berwarna terbanyak yang menang hanya ada dua orang pada 2017. Ketika itu Ali memenangkan Aktor Pendukung Terbaik dari film Moonlight dan  Viola Davis mendapatkan penghargaan Aktris Pendukung Terbaik untuk film Fences.

Pada tahun-tahun sebelumnya, pemenang Oscar dari kulit berwarna hanya didominasi oleh dua orang saja per tahun. Baru tahun ini, tiga orang sekaligus meraih piala dalam ketegori pemeran.

Kemenangan Ali pun dalam Green Book menjadikannya aktor kulit hitam pertama dalam sejarah yang meraih dua penghargaan dalam kategori sama. Sementara hanya satu aktor kulit hitam, yaitu, Denzel Washington yang memiliki lebih dari satu Oscar untuk bagian pendukungnya di Glory dan pemeran utama untuk Training Day.

Meskipun nominasi Oscar masih didominasi oleh kulit putih, Academy telah mengimplementasikan inisiatif untuk meningkatkan keragaman di antara nominasi dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini pun efek dari kontroversi #OscarsSoWhite yang merujuk pada semua nominasi pemeran dengan kulit putih di Oscar tahun 2015 dan 2016, dilansir dari laman EW, Senin (25/2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement