Senin 25 Feb 2019 12:00 WIB

Alfonso Cuaron Sabet Sutradara Terbaik Oscar 2019

Lima tahun lalu Cuaron meraih Oscar yang sama untuk film Gravity.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Alfonso Cuaron
Foto: AP
Alfonso Cuaron

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Alfonso Cuaron berhasil membawa piala Oscar 2019 untuk sutradara terbaik. Melalui film Roma dia pun membawa dua piala lainnya untuk kategori sinematografi dan film berbahasa asing.

"Saya ingin berterima kasih kepada Academy karena mengakui sebuah film yang dipusatkan di sekitar seorang wanita pribumi ... salah satu dari 70 juta pekerja rumah tangga di seluruh dunia tanpa hak-hak pekerja, sebuah peran yang secara tradisional diturunkan ke latar belakang," ujar Cuaron ketika menerima piala untuk nominasi sutradara terbaik, dikutip dari EW, Senin (25/2).

Film Roma menceritakan tentang gambaran kehidupan asisten rumah tangga. Film itu merupakan penghormatan kepada sosok yang membantu membesarkannya.

Kisah kehidupan seorang asisten rumah tangga bernama Cleo (diperankan oleh nominasi Aktris Terbaik Yalitza Aparicio) ditangkap dengan indah. Cuarno pun mencoba mengambil latar Mexico City tahun 1970-an.

"Sebagai seniman, tugas kita adalah mencari di mana orang lain tidak. Tanggung jawab ini menjadi jauh lebih penting di saat kita didorong untuk memalingkan muka," kata pengarah film Gravity itu.

Secara keseluruhan, film ini mendapatkan 10 nominasi Oscar, termasuk Film Terbaik, Film Berbahasa Asing Terbaik, Sinematografi Terbaik, Skenario Asli Terbaik, dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Marina de Tavira. Penghargaan sutradara terbaik ini pun pernah diperolehnya dengan film Gravity lima tahun lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement