Ahad 17 Feb 2019 04:30 WIB

Seungri Big Bang Minta Maaf Atas Skandal Burning Sun

Skandal yang dimaksud tindakan kekerasan hingga pelecehan di klub malam Burning Sun.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ratna Puspita
Seungri Bigbang
Foto: EPA
Seungri Bigbang

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Penyanyi Korea Selatan Seungri meminta maaf kepada publik atas skandal Burning Sun yang belakangan mengemuka. Personel boy group Big Bang itu menyampaikannya pada konser solo di Olympic Park, Kota Seoul, Sabtu (16/2).

Seungri menyesal sudah menyebabkan sorotan negatif dan memicu kekecewaan banyak penggemar. Skandal yang dimaksud ialah kontroversi di klub malam Burning Sun yang berlokasi di Gangnam Station, di mana Seungri pernah terlibat dalam pengelolaannya.

"Saya tidak menunjukkan sikap bertanggung jawab yang layak walaupun kontroversi sudah berkobar secara terbuka. Sebagai selebritas, saya tidak menimbang kata-kata saya dan sangat ceroboh," kata Seungri di atas panggung dikutip dari Yonhap News Agency, Ahad (17/2) dini hari WIB.

Permohonan maaf Seungri hadir beberapa jam setelah adanya dugaan kasus narkotika di Burning Sun. Seorang perempuan asal Cina yang dicurigai menyediakan obat-obatan terlarang di klub malam itu mendatangi polisi secara sukarela untuk diinterogasi.

Burning Sun mencuat dalam skandal terkait perdagangan narkoba, pelecehan seksual, dan tindakan kekerasan terhadap pelanggan. Akhir 2018, staf keamanannya dikabarkan memukul pengunjung klub yang masih berusia 28 tahun.

Skandal pecah saat pemuda itu mengklaim bahwa pejabat klub dan polisi bersekongkol membuatnya menjadi seolah penyerang, bukan korban. Pemuda itu menyatakan ia hendak menyelamatkan perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual.

Namun, Burning Sun mengklaim pemuda itu diseret karena melecehkan seorang perempuan secara seksual. Kendati demikian, skandal tidak berhenti sampai di situ. Foto tidak terverivikasi menunjukkan seorang perempuan diseret keluar dari Burning Sun muncul awal bulan, dengan pengunggah menyatakan perempuan itu telah dibius.

Pada halaman Instagram resminya, Burning Sun telah menjelaskan bahwa seorang perempuan Thailand mabuk dipaksa keluar dari tempat itu karena mencuri alkohol dan menyebabkan gangguan. Burning Sun menyangkal bahwa penggunaan narkoba telah terjadi di klub.

Belakangan, seorang perempuan tersangkut kasus narkoba dikabarkan turut memasok obat-obatan ke Burning Sun. Bahkan, Seungri dikabarkan mengenal perempuan tersebut. Namun, personel termuda atau maknae Bing Bang itu sudah membantahnya.

Setelah semua insiden itu, Seungri merasa perlu untuk angkat bicara. Meskipun sudah mengundurkan diri dari jabatan direktur Burning Sun, dia tetap merasa bertanggung jawab karena pernah secara aktif mempromosikan klub malam itu di berbagai media.

Sebelum hari-H konser, banyak pihak mengkhawatirkan tidak akan ada penggemar yang mau menonton pertunjukan akibat skandal. Namun, anggapan itu salah dan konser solo terakhir Seungri di Korsel tetap dipadati penonton.

Bahkan, Seungri bertengger di posisi keenam idol pria dengan reputasi merek tertinggi untuk Januari 2019. Seungri yang akan menjalani wajib militer tahun ini direncanakan menggelar konsernya di Jakarta pada 17 Maret 2019. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement