Kamis 07 Feb 2019 12:19 WIB

Trik Menghemat Uang yang Perlu Diketahui

Kartu pembayaran dengan tawaran diskon terbaik akan membantu berhemat.

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Membayar dengan kartu kredit
Foto: Republika/Prayogi
Membayar dengan kartu kredit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak cara menghemat uang yang bisa dilakukan setiap hari. Anda bisa melakukannya mulai dari bujet makan, minum, hingga pengeluaran buat hiburan.

Berikut tips hemat sederhana yang akan membuat Anda kagum dengan menghemat setiap bulan, seperti dilansir dari laman Reader’s Digest.

Baca Juga

Otomatiskan tagihan Anda

Brittney Mayer, ahli strategi kredit di CardRates.com, menawarkan solusi sederhana. Otomatiskan pembayaran tagihan Anda.

“Sangat mudah dilakukan, tidak hanya melalui bank Anda tetapi juga melalui kartu kredit Anda. Anda tidak akan pernah melewatkan pembayaran lagi,” ucapnya.

Manfaatkan portal belanja/transaksi penerbit kartu

Banyak penerbit kartu kredit telah membuat portal belanja dan halaman transaksi yang menawarkan diskon dan hadiah untuk segala hal mulai dari kopi hingga menginap di hotel. Manfaatkan portal belanja dan kesepakatan itu untuk hal-hal yang harus Anda beli, dan Anda bisa menghemat per bulan.

Temukan kartu kredit yang menawarkan diskon

Tahukah Anda bahwa beberapa kartu kredit akan secara otomatis mencari harga yang lebih rendah untuk pembelian baru-baru ini dan bahkan mengembalikan selisihnya? Ini disebut perlindungan harga.

Cari kartu kredit yang menawarkan hadiah uang kembali

Berhenti membayar tunai atau debit untuk pembelian yang dapat dilakukan dengan kartu kredit cash-back. Mayer menunjukkan bahwa ada kartu yang menawarkan kembali sebanyak 6 persen pada pembelian.

Beberapa kartu kredit menawarkan tingkat pengembalian uang tunai yang lebih tinggi untuk jenis pembelian tertentu semisal bensin atau bahan makanan. Cari penawaran ini dan buat strategi kartu yang Anda gunakan untuk membayar pembelian Anda. Pastikan untuk mengumpulkan hadiah yang Anda dapatkan.

Jika Anda sudah mendapatkan hadiah uang kembali, pastikan Anda mengambil langkah ekstra untuk menebusnya. Untuk beberapa kartu kredit, sesederhana menggesek pada aplikasi smartphone. Namun, bagi yang lain, Anda mungkin perlu menebusnya di situs kartu.

Kartu yang sesuai

Jika harus mengambil langkah ekstra untuk menebusnya terlalu banyak untuk Anda dan ternyata Anda tidak melakukannya, cari jenis kartu hadiah yang cocok untuk Anda. Jangan lewatkan sesuatu yang gratis, kata Jill Gonzalez, seorang analis di WalletHub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement