Rabu 06 Feb 2019 15:11 WIB

Cara Orang Tua Bantu Anak Saat Berganti Sekolah

Libatkan anak sebanyak mungkin dalam mempersiapkan sekolahnya.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
Anak belajar di sekolah.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga merapihkan rambut anaknya sebelum berangkat sekolah pada hari pertama sekolah di Desa Cibeber II, Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (16/7).

Berkunjung ke sekolah baru

Manusia cenderung takut dengan apa yang tidak diketahui. Itulah sebabnya mengunjungi sekolah baru sebelum waktu belajar adalah cara yang bagus membantu anak merasa lebih tenang tentang masa transisi.

Penelitian dari UCL juga menunjukkan, transisi sekolah yang sukses melibatkan keterlibatan secara perilaku dan akademis di sekolah, dan merasakan rasa memiliki. Mengunjungi sekolah terlebih dahulu adalah salah satu cara membuka jalan bagi hal ini, karena anak akan memiliki kesempatan untuk mengetahui tata letak sekolah, melihat kegiatan ekstrakurikuler apa yang mungkin ingin mereka ikuti dan bertemu dengan beberapa guru.

Bantu anak tetap berhubungan dengan teman-teman lama

Kehilangan pertemanan adalah masalah yang penting bagi anak-anak yang pindah dari satu sekolah ke sekolah lain. Penelitian menunjukkan, persahabatan prasekolah penting untuk pengembangan keterampilan sosial dan emosional, dan mereka dapat meningkatkan perasaan memiliki sekaligus mengurangi stres.

Ketika anak memiliki teman dekat atau sekelompok teman di sekolah sebelumnya, pikirkan beberapa cara membantu mereka tetap berhubungan setelah pindah. Misalnya, orang tua dapat mengatur tanggal bermain atau bahkan mencari kegiatan setelah sekolah, seperti olahraga atau menari yang dapat mereka gabungkan bersama.

Orang tua juga dapat mendiskusikan tentang membuat pertemanan baru pada anak. Namun, ini tidak berarti mereka harus memilih antara teman lama dan teman baru. Penting meyakinkan anak berganti sekolah tidak harus berarti kehilangan teman yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement