Senin 04 Feb 2019 11:04 WIB

Mengolah Masakan Indonesia dengan Minyak Zaitun

Masakan Indonesia yang kaya bumbu tidak akan terganggu aroma minyak zaitun.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Minyak zaitun
Foto: pixabay
Minyak zaitun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minyak zaitun lebih populer sebagai bahan masakan menu barat. Penggunaannya untuk makanan Indonesia masih jarang karena dirasa janggal atau tidak biasa.

Tidak hanya rasanya yang lezat, tapi fleksibilitasnya dan manfaat kesehatannya yang ditambahkan membuat minyak zaitun sangat baik untuk semua masakan Indonesia favorit. "Makanan Indonesia rasanya kuat, tidak akan terganggu kalau pakai minyak zaitun. Minyak zaitun hanya buat makanan barat tapi semua jenis makanan Indonesia juga cocok," ujar Chef Marinka.

Chef Marinka mengaku sudah mengenal minyak zaitun sejak lama. Bahkan sejak masih kecil, ibundanya sudah memasak dengan minyak zaitun. "Sekarang saat saya menekuni profesi sebagai chef, saya menerapkan kebiasaan itu, memasak menggunakan minyak zaitun. Termasuk saat memasak masakan Indonesia,” ungkap Chef Marinka.

Perlu diketahui bahwa mengubah pola makan menjadi lebih sehat merupakan langkah kecil untuk mengarah ke perubahan yang lebih besar lagi. Minyak alami yang diekstrak dari zaitun, secara internasional dianggap sebagai salah satu pilihan minyak goreng tersehat.

Selalu ingatkan diri untuk mengisi setengah piring  dengan makanan nabati seperti sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Selain menguntungkan fungsi sistem pencernaan, makanan nabati membuat cepat kenyang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement