Rabu 30 Jan 2019 12:30 WIB

Cara Andien Jaga Keseimbangan Kesehatan Fisik dan Mental

Baginya, olahraga bukan hanya untuk membentuk tubuh dan otot.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
penyanyi Andien Aisyah saat ditemui di Jakarta, Selasa (30/1).
Foto: Republika/Dwina Agustin
penyanyi Andien Aisyah saat ditemui di Jakarta, Selasa (30/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Andien Aisyah mencoba selalu memberi perhatian pada kondisi kesehatannya. Bukan hanya dari segi fisik saja, baginya kesehatan mental pun perlu mendapatkan perhatian yang sama seriusnya agar bisa sehat dan bugar.

"Manusia itu sudah diciptakan secara penuh baik fisik dan mental. Saat ada yang tidak seimbang maka nggak sehat secara holistik," kata Andien, saat ditemui, Selasa (29/1).

Baca Juga

Bagi Andien, melakukan kegiatan olahraga bukan hanya untuk membentuk tubuh dan otot saja. Memiliki badan ramping dan ideal bukan tujuan utama, namun kesehatan mental perlu dibangun, salah satunya melalui olahraga.

Kesehatan mental ini menjadi inti yang mendukung tubuh untuk tetap bugar. Andien mencontohkan dengan kondisi orang-orang yang sulit menurunkan berat badan, seringkali mereka tersandung dengan kebiasaan makan yang sulit diubah dan ini berhubungan dengan kondisi mentalnya.

"Kayak orang merasa sakit atau susah menurunkan berat badan, ini harus melakukan kebiasaan makan yang baik, bisa jadi ini karena mentalnya, dan harus diselesaikan duluan," ujar penyanyi "Gemintang" itu.

Andien mencoba menerapkan hidup sehat baik secara fisik dan mental. Biasanya dia memilih melakukan meditasi untuk memberikan asupan energi positif untuk mentalnya.

"Nggak ada waktu pasti (meditasi) karena biasanya tubuh punya alarm sendiri yang bilang ini waktunya dan cara seperti apa yang perlu dilakuin," ujar Andien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement