Senin 31 Dec 2018 06:19 WIB

Kiat Tetap Sehat Saat Liburan

Siapkan langkah pencegahan sebelum berlibur.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Wanita pergi berlibur.
Foto:
Terdampak Langsung Erupsi. Wisatawan berlibur di Pantai Kuta, Bali, Senin (27/11).

Cegah Jet Lag (Penat Terbang)

Bepergian jarak jauh dapat membuat tubuh Anda bingung jika Anda mengubah zona waktu. Untuk perjalanan yang sehat dan  menghindari penat terbang, coba ikuti zona waktu baru Anda secepat mungkin.

Mengekspos diri Anda dengan sinar matahari dapat membantu tubuh Anda menyesuaikan diri. Anda juga bisa mempraktikkan tips perjalanan sehat seperti berolahraga teratur, minum banyak air, dan menghindari alkohol untuk menangkal jet lag.

Perhatikan Makanan Anda

Kesehatan dalam perjalanan dapat terancam bahaya jika mengonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan benar. Makanlah di restoran yang bersih dan bereputasi baik, bukan pedagang kaki lima. 

Pastikan semua makanan dimasak sepenuhnya dan menyeluruh untuk membunuh parasit dan mencegah diare. Untuk buah dan sayuran segar di luar negeri, makanlah yang bisa dikupas, hindari kulitnya. Minumlah air botolan yang juga digunakan untuk menyikat gigi. Jangan makan es kecuali Anda yakin itu terbuat dari air kemasan.

Tetap Rutin Berolahraga

Jika Anda berolahraga secara teratur di rumah, mengikuti rutinitas olahraga di perjalanan dapat meningkatkan kesehatan Anda saat perjalanan. Olahraga dapat mencegah Anda dari berat badan berlebih, membantu tidur lebih nyenyak, mengatur penat terbang, dan mempertahankan tingkat energi Anda. Rencanakan liburan yang melibatkan fisik dengan banyak berjalan, hiking, bersepeda, berenang.

Lindungi Kaki dari Kelelahan

Berjalan kaki sepanjang hari adalah olahraga yang bagus, tetapi tanpa perawatan yang tepat, jari kaki Anda bisa cepat lelah dan sakit. Untuk perjalanan yang sehat, siapkan sepatu yang nyaman, kukuh, dan suportif dalam melindungi kaki Anda saat Anda terkena trotoar. Jangan hanya mementingkan gaya, tapi pilihlah alas kaki yang juga nyaman dipakai.

Tidur Cukup

Meskipun Anda larut dalam banyak kesenangan dan melihat serta melakukan segala hal saat liburan, tidur yang cukup penting untuk tetap sehat ketika perjalanan liburan. Anda harus tidur cukup setiap malam dan miliki jadwal tidur yang teratur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement