Rabu 19 Dec 2018 11:48 WIB

347 Film Bersaing Masuk Nominasi Film Terbaik Oscar

Ratusan film masih akan disaring kembali sebelum diumumkan sebagai pemenang.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Piala Oscars
Foto: cbc.ca
Piala Oscars

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengumumkan, sebanyak 347 film layar lebar telah secara resmi dinyatakan memenuhi syarat untuk memperebutkan gelar Film Terbaik pada Selasa (18/12). Angka itu adalah jumlah terbesar untuk kategori tersebut sejak tahun 1970.

Rekor sebelumnya menarik jumlah yang sama, sebanyak 374 film yang bisa masuk nominasi film terbaik. Film-film yang telah masuk itu akan diseleksi lagi untuk dipilih menjadi nominasi Oscar.

Agar memenuhi syarat untuk pertimbangan Oscar, film layar lebar harus tayang di bioskop film komersial di Los Angeles County hingga 31 Desember. Film itu minimal harus tayang tujuh hari berturut-turut.

Pesaing teratas dalam kategori film terbaik adalah Alfonso Cuaron dengan Roma, Bradley Cooper melalui A Star Is Born, dan Yorgos Lanthimos The Favorite. Film yang dibuat oleh sutradara Afrika-Amerika seperti Black Panther, If Beale Street Could Talk, dan BlacKkKlansman kemungkinan akan masuk juga dalam daftar nominasi.

Dari 347 film akan disaring menjadi 10 film yang akan dinominasikan untuk film terbaik. Daftar lengkap nominasi akan diumumkan pada 22 Januari sedangkan pagelaran Academy Awards akan diadakan pada hari Ahad, 24 Februari, dikutip TheWrap, Rabu (19/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement