Selasa 18 Dec 2018 16:11 WIB

Lima Tips Rambut Sehat Bersinar

Mencukupi kebutuha protein dan mengelola stres adalah cara tepat menyehatkan rambut

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Rambut sehat/ilustrasi
Foto: artofcosmetics.com
Rambut sehat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ingin memiliki rambut sehat tidak cukup hanya dengan rutin mencucinya menggunakan shampo atau conditioner. Diperlukan juga cara-cara lain agar rambut terlihat indah bersinar. Selain perawatan luar, memiliki rambut sehat bersinar harus didukung perawatan dari dalam.

Dilansir dari The Guardian, perawatan dari dalam pun tak hanya terdapat dalam makanan akan tetapi keseharian aktivitas kita. Berikut beragam hal yang perlu dilakukan agar rambut kita sehat dan indah bersinar

Cukupi kebutuhan protein 

Menurut ahli gizi Jo Lewin, kekurangan asupan protein bisa membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Untuk memenuhi kebutuhan protein ini, Lewin menyarankan mengonsumsi ikan, ayam, produk susu dan telur. Sementara bagi vegetarian, kebutuhan protein bisa didapatkan dari tempe, tahu, quinoa dan kacang-kacangan.

Kelola stres

Stres bisa menyebabkan kerontokan rambut. Olahraga, diet sehat, meditasi dan mengatur waktu tidur sangat efektif untuk menurunkan stres tubuh dan pikiran.

Membersihkan kulit kepala dari ketombe

Cuaca dingin bisa memperparah ketombe. Penggunaan shampo yang mengandung zinc pyrithione atau asam salisilat sangat direkomendasikan untuk mengobati ketombe. Selain itu, penggunaan garam laut juga ampuh untuk membersihkan kulit kepala.

Menghidrasi Uban

Rambut putih atau uban biasanya lebih halus dan rapuh dari rambut hitam.  Namun seiring pertambahan usia, uban bisa menjadi lebih kuat karena jumlah kelenjar minyak semakin sedikit. Matt Hawes, dari Josh Wood Colour, menyarankan penggunaan kondisioner dan minyak seperti jojoba yang bisa menghidrasi dan melembapkan.

Rutin memangkas rambut

Memangkas rambut sangat penting untuk menghilangkan ujung rambut yang bercabang. Lakukan rutin setiap enam sampai delapan kali seminggu khususnya bagi yang memiliki rambut keriting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement