Jumat 07 Dec 2018 16:04 WIB

Minta Kenaikan Gaji? Lakukan Lima Hal Ini Dulu

Pekerja laki-laki lebih sering meminta kenaikan gaji dibandingkan perempuan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
Pekerja kantoran. Ilustrasi
Foto: womendish.com
Wanita Bekerja. (Ilustrasi)

Bicara pada Diri Sendiri

Penting bagi pekerja mengetahui nilai dan keunggulan yang dimiliki diri sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat folder di komputer yang berisikan berbagai email pujian tentang kinerja, prestasi yang dicapai selama bekerja hingga daftar pencapaian dan kasus yang berhasil diselesaikan.

Gunakan daftar ini untuk meningkatkan nilai diri di hadapan pengawas yang mungkin tidak menyadari capaian dan prestasi pekerja selama bekerja. Oleh karena itu, pekerja yang bersangkutanlah yang perlu memberi gambaran tersebut kepada supervisor masing-masing.

"Ini bergantung pada Anda untuk mencerahkan dia mengenai kesuksesan, pencapaian dan prestasi yang pernah Anda menangkan," kata Mistal.

Persiapan Matang

Saat mengajukan kenaikan gaji, pekerja tentu harus mengetahui kisaran jumlah gaji yang sesuai dengan posisi pekerjaan di kantor. Informasi semacam ini bisa ditemukan pada situs-situs seperti Glassdoor atau Payscale.

Setelah mendapatkan informasi ini, pastikan angka yang akan diajukan juga sesuai dengan kondisi perusahaan. Sesuaikan pula angka yang akan diajukan dengan departemen, jabatan hingga lama waktu bekerja.

Pekerja juga bisa berbicara dengan rekan kerja yang bisa dipercaya mengenai aturan kantor yang perlu diketahui. Misalnya, terkait apakah bagian sumber daya manusia memiliki kecenderungan lebih 'pelit' dengan kenaikan gaji dan lebih terbuka pada bonus.

"Pelajari dan pahami bagaimana kondisi industri, perusahaan dan departemen Anda," kata Mistal.

Latihan Agar Sempurna

Selain persiapan di atas, penyampaian permintaan kenaikan gaji juga perlu dilatih agar berjalan lancar di hari H. Latih kalimat yang akan diutarakan sebelum bertemu dengan atasan untuk meminta kenaikan gaji.

Pekerja bisa meminta pendapat dari pasangan yang bekerja atau teman mengenai kalimat yang sudah disusun. Pekerja juga bisa melakukan latihan percakapan bersama pasangan atau teman, termasuk latihan bagaimana membuka percakapan dan latihan menjawab pertanyaan sulit yang mungkin diajukan atasan.

"Latihan membantu Anda membuat jawaban yang lebih tertata dan logis," ujar Mistal.

Pekerja juga perlu mempersiapkan rencana cadangan bila atasan menolak permintaan kenaikan gaji. Salah satunya dengan memikirkan opsi kreatif mengenai kompensasi, misalnya lebih banyak hari libur atau biaya untuk konferensi profesional yang ingin didatangi.

"Bila Anda tidak meneliti, merencanakan dan berlatih, Anda tidak akan tampil percaya diri seperti seharusnya, dan atasan Anda akan melihat itu. Bila Anda bersiap dengan baik dan memiliki pendekatan yang dipikirkan dengan baik, Anda akan melihat hasilnya," kata Gelbard.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement