Kamis 06 Dec 2018 07:34 WIB

Saran Ahli Agar Tidur Malam Berkualitas

Tidur baik bagi kesehatan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ani Nursalikah
Perempuan tidur. Ilustrasi
Foto: pixabay
Pria tertidur/ilustrasi

Atur waktu tidur dan bangun

Atur tidur Anda secara konsisten dan tidur secara teratur. Itu dapat membantu membuat tidur anda berkualitas.

Tidur yang baik setidaknya selama enam jam. Jika Anda tertarik pada pemeliharaan kesehatan fisik Anda dan tidak suka kemungkinan mati muda, maka minimal enam jam setiap malam.

Kurang tidur dapat berdampak serius kesehatan jangka panjang Anda. Studi yang dilakukan di Erasmus Medical Center MC University di Rotterdam dan University of Surrey, dari 5.000 orang dewasa setengah baya yang tidur kurang dari enam jam, memiliki 4,5 persen peningkatan risiko mengalami strok dibandingkan dengan mereka yang tidur tujuh atau delapan jam.

Jangan tidur lebih dari delapan jam

Jadi tidur itu baik, tetapi banyak tidur tidak terlalu baik, bahkan mungkin merugikan. Sebuah penelitian baru-baru ini, yang diterbitkan dalam European Heart Journal menemukan tidur lebih dari delapan jam terkait dengan peningkatan kematian atau berkembangnya penyakit jantung.

Bangun dan nikmati sinar matahari

Bangun pagi dengan sinar matahari bisa membantu memulai hari dengan semangat. Kita memerlukan tingkat serotonin tinggi (yang dibawa sinar matahari) untuk bangun dari tempat tidur.

Selain itu, cahaya matahari membantu mengoptimalkna ritme sirkadian dan mengingatkan jam tubuh bahwa hari baru saja dimulai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement