Jumat 30 Nov 2018 13:07 WIB

Kiat Sederhana Jaga Kesehatan Usus

Saluran pencernaan berperan menjaga kadar nutrisi dan air serta mengeluarkan racun.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Jamur
Foto: pixabay
Jamur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesehatan usus sebaiknya tidak disepelekan. Bagian krusial saluran pencernaan ini berperan menjaga kadar nutrisi dan air sekaligus mengeluarkan racun dari tubuh. Berikut kiat sederhana untuk menjaga usus tetap sehat, dikutip dari laman Coach Mag, Jumat (30/11).

Jamur dalam menu

Baca Juga

Jamur adalah makanan fantastis yang membuat perut kenyang tanpa kalori berlebihan. Sekitar 100 gram jamur hanya memuat 22 kalori. Disarankan memasukkan 85 gram jamur (terutama jamur kancing putih) dalam menu harian untuk kesehatan usus yang selalu terjaga.

Dua apel sehari

Penggemar buah bisa makan dua butir apel sehari untuk menjaga kesehatan usus. Kandungan pektin dalam apel adalah prebiotik yang sangat diperlukan, nutrisi yang mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus sehingga pencernaan selalu sehat.

photo
Buah apel.

Latihan kardio

Olahraga kardio seperti jogging, lompat tali, dan naik turun tangga juga penting untuk kesehatan usus. Menurut studi 2017 oleh Universitas Illinois, latihan kardio menghasilkan asam lemak rantai pendek yang penting bagi kesehatan usus dan produksi energi.

Makan acar

Makanan fermentasi seperti acar dibutuhkan dalam diet sehat. Ketika berbelanja, jangan lupakan sederet makanan seperti acar, kefir, kombucha, dan kimchi yang akan mengisi perut dengan bakteri sehat serta meningkatkan kesehatan pencernaan.

photo
Minuman fermentasi kombucha

Bersantai

Studi pada 2015 mengungkap yoga dan meditasi menginduksi perubahan genetik dalam tubuh yang membantu menjaga kesehatan usus. Jika tidak suka melakukan yoga atau meditasi, bersantailah dengan menjauhkan televisi dan ponsel sementara waktu.

Asupan tepat

Berikan tubuh asupan makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan guna menjaga usus tetap sehat. Sejumlah nutrisi itu antara lain kurkumin, vitamin D, zat besi, omega 3, flavonoid, vitamin A, katekin, kolin, glutamin, dan serat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement