Rabu 28 Nov 2018 13:04 WIB

Lima Kondisi Kulit yang Menandakan Penyakit Serius

Bibir kering bisa jadi tanda tingginya hormon tiroksin.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Kesehatan kulit bibir merupakan salah satu gejala kesehatan tubuh.
Foto: Pixabay
Kesehatan kulit bibir merupakan salah satu gejala kesehatan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi kulit yang tidak baik bukan saja berkaitan dengan masalah kecantikan. Perubahan karakter kulit juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius yang harus diwaspadai.

Jika Anda memiliki beberapa kondisi kulit di bawah ini, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter. Apabila benar mengindikasi suatu penyakit, tentunya akan lebih baik jika mendapatkan penanganan lebih dini.

Baca Juga

Kulit/bibir kering

Apabila bibir Anda terus-terusan mengelupas, baik dalam cuaca panas atau pun dingin, bisa jadi kesehatan Anda sedang buruk. Umumnya, bibir kering selalu dikaitkan dengan faktor kekurangan cairan.

Namun di lain kesempatan, bibir kering juga bisa mengindikasi hypothyroid. Hypothyroid adalah kondisi kadar hormon tiroksin di dalam tubuh sangat tinggi. Tidak hanya itu, bibir kering juga bisa menjadi tanda Anda terkena diabetes.

Tumbuh rambut di area wajah yang tidak wajar

Rambut yang tumbuh di area tidak wajar pada wajah tentu akan sangat mengganggu penampilan. Lebih dari sekadar mengganggu penampilan, rambut yang tumbuh di sekitar dagu, di atas bibir atas, dan garis rahang menandakan bahwa adanya ketidakseimbangan hormon. Sindrom ovarium polikistik adalah gangguan hormon yang sering terjadi pada perempuan.

Kantung mata

Mata sembab dan berkantung bukan hanya berkaitan dengan masalah kecantikan. Hal itu juga menandakan ada yang tidak beres dengam kesehatan Anda. Jika Anda mendapati mata bengkak dan berkantung mungkin saja Anda memiliki alergi kronis.

Wajah pucat

Apabila ada perubahan warna kulit di wajah Anda atau wajah Anda terlihat pucat, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa Anda mengalami anemia.

Ruam kulit

Ruam pada kulit mengindikasi sejumlah gangguan kesehatan termasuk permasalahan pencernaan. Contohnya, penyakit radang usus yang berdampak pada usus besar bisa membuat kulit Anda seperti kelihatan terbakar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement