Selasa 27 Nov 2018 13:45 WIB

Durian Musang King Malaysia Jadi Favorit di Cina

Malaysia berupaya meningkatkan target ekspor durian ke Cina.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Pria memilih buah durian.
Foto: EPA
Pria memilih buah durian.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Durian asal Malaysia ternyata cukup digemari di Cina. Bahkan, Malaysia sudah memasang target meningkatkan ekspor durian ke Cina.

Tingginya permintaan dari Cina mendorong pemerintah Malaysia untuk membuka lahan perkebunan durian dalam skala yang lebih besar. Malaysia menargetkan akan meningkatkan angka ekspor durian hingga 50 persen pada 2030 mendatang. Menurut konsultan industri durian, Lim Chin Khee, sebelum permintaan yang tinggi dari Cina, perkebunan durian di Malaysia hanya sebagai bagian dari atraksi wisata.

Baca Juga

"Industri durian bertransformasi dari lokal menuju global, lahan perkebunan akan ditambah untuk memenuhi permintaan yang tinggi dari Cina," kata Lim dikutip Channel News Asia (27/11).

Durian mungkin saja dilarang di beberapa bandara, transportasi umum dan hotel di Asia Tenggara karena baunya yang sangat tajam. Namun di Cina, durian bisa dibilang primadona dan memiliki banyak penggemar. Rasa durian sering dijadikan sebagai pilihan menu sejumlah makanan seperti piza, saus salad dan susu.

Helen Li, seorang pelanggan sebuah gerai makanan spesialisasi piza durian di Shanghai, mengaku awalnya tidak suka dengan durian karena baunya sangat aneh. Namun, saat pertama kali memakannya Helen langsung jatuh cinta karena rasanya yang sangat lezat.

"Saya rasa mereka yang benci durian itu karena terganggu dengam baunya. Tapi sekalinya mencoba saya rasa mereka akan berubah pikiran," kata Helen.

Chen Weihao, seorang pemilik restoran khusus durian, mengaku restorannya bisa menghabiskan 20-25 kg durian yang diimpor dari Thailand setiap bulannya. Durian yang diolah menjadi sup ini dijual dengan harga 148 yuan atau sekitar Rp 300 ribu.

Cina bersedia menghabiskan uang berapa pun untuk membeli varietas durian Musang King dari Malaysia. Durian Musang King dikenal dengan tekturnya yang creamy dan rasanya yang pahit-manis.

Impor durian di Cina meningkat hingga 15 persen atau mendekati 350 ribu ton hingga akhir tahun ini. Dari total impor durian itu, 40 persennya berasal dari Thailand, produsen dan pengekspor terbesar durian di dunia. Ekspor durian Malaysia ke Cina sendiri masih kurang dari satu persen, namun pada 2030 diharapkan akan meningkat menjadi 22.061 ton dari 14.600 ton.

Hingga akhir tahun ini perkebunan durian Malaysia sudah mencapai 72 ribu hektare dan akan terus dikembangkan. Beberapa perkebunan minyak sawit rencananya juga akan dialihkan menjadi perkebunan durian karena lebih menguntungkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement