Senin 26 Nov 2018 18:37 WIB

Chicha Morada, Minuman Unik dari Jagung Ungu Peru

Chicha Morada merupakan pengganti minuman bersoda bagi masyarakat Peru.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Chicha Morada adalah minuman khas Peru yang terbuat dari jagung ungu. Jangung ungu diyakini menyehatkan karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.
Foto: Republika/Adysha CR
Chicha Morada adalah minuman khas Peru yang terbuat dari jagung ungu. Jangung ungu diyakini menyehatkan karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bila Anda berencana untuk menyambangi Peru, jangan lupa untuk mencicipi minuman khas lokal bernama Chicha Morada. Minuman bercitarasa unik ini tak hanya menyegarkan tetapi juga memiliki khasiat kesehatan.

Chicha Morada pada dasarnya berasal dari air rebusan jagung ungu. Jagung ungu merupakan jagung khas dari Peru yang memiliki warna ungu pekat, nyaris seperti hitam.

"Ini merupakan superfood dari Peru," ungkap istri dari Duta Besar Peru untuk Indonesia Susan Santos de Cardenas saat ditemui di kediamannya, di Jakarta.

Bagi masyarakat Peru, Susan mengatakan Chicha Morada seperti pengganti minuman bersoda. Masyarakat Peru lebih banyak meminum Chicha Morada dibandingkan minuman bersoda populer.

Cara penyajian Chicha Morada ini pun cukup mudah. Untuk menghasilkan Chicha Morada, cukup rebus air dan jagung ungu beserta potongan buah nanas dan sedikit kayu manis. Perpaduan berbagai bahan-bahan ini menghadirkan cita rasa yang segar dan manis meski tidak mendapatkan tambahan gula.

"Ini seperti soft drink, tapi sangat baik (lebih sehat)," tambah Susan.

Tak hanya itu, Susan mengungkapkan bahwa rebusan jagung ungu juga memberi dampak baik bagi kesehatan. Setidaknya itu yang ia lihat setelah sang suami meminum Chicha Morada cukup rutin.

"Kadar kolesterolnya menjadi lebih rendah," jelas Susan.

Seperti dilansir Peru Info, jagung ungu yang berasal dari area Andes ini diketahui kaya akan antioksidan. Tak hanya populer di Peru dalam skala nasional, jagung ungu juga diminati dalam skala internasional.

Kandungan antioksidan alami yang besar dalam jagung ungu dapat mencegah atau memperlambat oksidasi molekul. Hal ini dapat membantu jaringan-jaringan tubuh untuk melakukan regenerasi sehingga kulit pun tampak lebih mudah.

Tak hanya itu, antioksidan dalam jagung ungu juga berkhasiat dalam mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Salah satunya dengan cara menurunkan kadar kolesterol yang tinggi serta memperlancar aliran darah.

Pigmen bernama anthocyanin yang ditemukan dalam tanaman berwarna ungu juga diketahui dapat membantu mencegah katarak, glaukoma can konjungtivits. Senyawa ini juga diketahui memiliki sifat hemostatik karena dapat membantu menghentikan mimisan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement