Sabtu 24 Nov 2018 06:00 WIB

Apakah Anda Percaya Diri? Cek di Sini

Percaya diri sangat diperlukan bagi setiap orang yang ingin menggapai kesuksesan.

Pria percaya diri
Foto: EPA
Pria percaya diri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin Anda merasa heran mengapa ada orang yang terlihat selalu percaya diri alias pede dalam segala situasi. Lalu bertanya-tanya sendiri apakah Anda selama ini sudah cukup percaya diri. Sebab, menilai diri sendiri terkadang lebih sulit ketimbang jika menilai orang lain.

Nah, untuk mengetahui apakah Anda sebenarnya sudah pede, mari cek seperti apa Anda sekarang ini. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara mengecek apakah sebenarnya Anda sudah percaya diri.

photo
Kepercayaan diri sanggup menyinari diri hingga membuat perempuan lebih cantik.

Tidak Suka Menunda-nunda Pekerjaan

Ciri pertama bahwa Anda ternyata sudah percaya diri apabila tidak suka menunda-nunda pekerjaan. Anda merasa bahwa waktu sangat berharga untuk sekadar dilewatkan begitu saja dan menumpuk pekerjaan. Bagi Anda, semakin cepat selesai pekerjaan, maka semakin baik pula hasilnya karena tidak membuang-buang energi secara percuma.

Tidak Ragu-Ragu dalam Mengerjakan Sesuatu

Apabila ternyata Anda tidak pernah ragu-ragu dalam melakukan pekerjaan, maka salah satu ciri orang percaya diri sudah melekat pada diri Anda. Sebab orang yang percaya diri selalu yakin dengan apa yang dikerjakannya dengan tepat dan terukur. Kalimat yang selalu ada di benak orang-orang yang percaya diri adalah “kalau bukan saya, siapa lagi?”

Tidak Mudah Terprofokasi dan Waspada Kabar Hoaks

Orang yang percaya diri selalu mencari kebenaran dari semua yang didengar dan dibaca. Bila Anda selalu melakukan cek dan recek dan tidak menerima begitu saja kabar yang diperoleh, maka salah satu ciri lain bahwa Anda orang yang percaya diri adalah nyata.

Tidak Suka Membanding-bandingkan

Salah satu ciri lainnya bahwa Anda termasuk orang yang percaya diri adalah apabila tidak suka membanding-bandingkan. Artinya, Anda lebih suka bersaing dengan diri sendiri dan berusaha lebih baik dari hari kemarin. Dengan demikian, energi tidak akan terbuang percuma hanya untuk membanding-bandingkan dengan orang lain.

Tidak Suka Beralasan

Orang yang percaya diri, tidak pernah membuat alasan dalam segala hal. Mereka selalu bertanggung jawab atas segala pemikiran dan tindakannya. Nah, apakah Anda juga tidak suka membuat alasan palsu atas segala kekurangan tanpa berusaha secara maksimal sebelumnya?

photo
Perempuan yang percaya diri akan meraih kesuksesan.

Tidak Membatasi Diri Hanya dengan Satu Rencana

Salah satu ciri bahwa Anda adalah orang yang percaya diri adalah tidak membatasi diri hanya dengan satu rencana saja. Anda secara maksimal memanfaatkan semua potensi yang dimiliki. Berbagai rencana Anda miliki dan menguji efektifitasnya dan menjalankan yang paling realistis, serta mencoba rencana lainnya bila gagal.

Tidak Pernah Berhenti dan Menyerah saat Gagal

Apakah Anda tidak pernah berhenti mencoba dan menyerah saat kegagalan menghampiri? Sebab salah satu ciri orang percaya diri adalah selalu bangkit saat jatuh untuk mencapai sukses. Selain itu, selalu mencari cara dan belajar dari kesalahan untuk mencobanya kembali hingga berhasil.

Tidak Suka Menghakimi Orang Lain

Orang yang tidak suka menghakimi orang lain adalah mereka yang tak menyukai hal-hal sepele dan terlalu didramatisir. Bila Anda ternyata orang yang percaya diri, berarti Anda juga tidak suka menghina atau menjelekkan orang lain meski berbeda dengan Anda dan berbeda dengan orang pada umumnya.

Tidak Suka Terus di Zona Nyaman

Ciri bahwa Anda sudah percaya diri lainnya adalah tidak suka untuk terus berada di zona nyaman. Akan tetapi Anda terus berusaha mengejar dan mengerjakan sesuatu yang tidak nyaman untuk mencapai rekor-rekor baru. Setiap halangan dan tantangan selalu dijadikan batu loncatan yang harus ditaklukkan demi meraih sukses.

Tidak Miskin Ide

Salah satu ciri rasa percaya diri lainnya adalah selalu ada saja ide-ide bermunculan di kepala. Apakah Anda demikian? Orang yang percaya diri maka tidak pernah miskin ide. Serangkaian ide terus muncul dan berkembang serta diimplementasikan dengan baik.

Tidak Mengandalkan Uluran Tangan

Tidak butuh bantuan orang lain bukan berarti Anda sombong. Tapi artinya Anda tidak melulu mengandalkan uluran tangan orang lain karena Anda mampu mengupayakannya sendiri. Jika ternyata Anda sudah mampu untuk tidak bergantung atas bantuan orang lain, maka ciri bahwa Anda sudah percaya diri adalah nyata.

Tidak Suka Menjilat

Kebiasaan menjilat untuk mendapat posisi jabatan tinggi di dunia kerja bukanlah hal asing lagi di telinga. Nah, bila Anda bukanlah termasuk orang yang suka menjilat atasa untuk memperoleh semua yang diinginkan, maka Anda adalah termasuk orang yang percaya diri.

Tidak Memungkiri Kebenaran Kenyamanan Hidup

Orang yang percaya diri selalu tahu bagaimana segera menyelesaikan permasalahan yang ada untuk bisa hidup lebih nyaman dan aman. Bila Anda termasuk orang yang meyakini bahwa kenyamana hidup itu penting sehingga selalu mencari berbagai cara untuk menyelesaikan masalah dan memperbaikinya, maka Anda adalah orang yang percaya diri.

Tidak Mudah Terpengaruh Opini Orang Lain

Bila Anda ternyata tidak mudah terpengaruh dengan ucapan atau opini negative dari orang lain, maka ini adalah salah satu ciri bahwa Anda termasuk orang yang percaya diri. Segala ucapan, pendapat, dan tindakan orang lain selalu dijadikan bagian dari keragaman, bukan sebagai pancingan untuk menyulut emosi.

Tidak Takut Mengerjakan Sesuatu

Orang yang percaya diri, maka dia tidak takut untuk mengendalikan hidupnya dan tidak ragu mengerjakan sesuatu. Rasa takut sering dianggap sebuah tantangan untuk berkembang menjadi lebih baik lagi di masa depan. Bila Anda percaya diri, maka Anda tak takut mengerjakan sesuatu.

Selalu Problem Solving

Ciri terakhir bahwa Anda sudah percaya diri adalah problem solving. Dengan percaya diri, maka Anda juga percaya akan mampu menyelesaikan masalah yang muncul dan dengan bijak memecahkan berbagai masalah yang ada.

Percaya Diri dan Jadilah Pribadi yang Baik

Memiliki rasa kepercayaan diri memang sangat diperlukan bagi setiap orang yang ingin menggapai kesuksesan di masa depan. Oleh karena itu kenali diri sendiri dengan baik dan terus tingkatkan kemampuan dan potensi yang ada pada diri. Sehingga Anda bisa dengan mudah menumbuhkan dan meningkatkan serta menjaga rasa percaya diri Anda. Percaya diri, dan jadilah pribadi yang baik.

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement