Kamis 22 Nov 2018 05:16 WIB

IMBEX Tahun Ini Tampil Lebih Besar

Pameran kehamilan, ibu, bayi, dan anak ini akan digelar 30 November mendatang.

Rep: MGROL 115/ Red: Indira Rezkisari
Pengunjung melihat produk perlengkapan bayi di pameran.
Foto: dok Republika
Pengunjung melihat produk perlengkapan bayi di pameran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak terasa Indonesia Maternity, Baby, and Kids Expo atau yang dikenal IMBEX telah memasuki angka satu dekade. Tahun ini IMBEX akan tampil berbeda dibanding sebelumnya.

Pasar mainan di Indonesia untuk Asia Pasifik dikatakan paling dominan. Jumlah anak di Indonesia banyak, angka kelahiran pun sangat besar, dan jumlah penduduknya sebanyak 265 jut. Sehingga banyak produk mainan luar negeri yang mau masuk ke Indonesia.

"Akan ada seminar dengan IMBEX karena saat ini kita sedang mensyiarkan bagaiman cara memilih mainan yang baik, dan betul. Minimal, akan memberikan sosialisasi kepada para orang tua untuk melihat indikator saat membeli mainan," ungkap Sandi Vidhianto Ketua Asosiasi Importir Mainan Indonesia di acara konferensi pers IMBEX di kawasan slipi, Jakarta Pusat, Rabu (21/11).

Pengunjung harus lebih teliti dalam membeli produk mainan. Setiap produk mainan harus ada tulisan berbahasa Indonesia, sehingga bagi orang yang tidak bisa berbahasa Inggris juga harus tahu mainan yang dibeli berasal dari mana, siapa distributornya, sampai dengan alamat detail, agar jika terjadi sesuatu, importir akan bertanggung jawab.

Tren mainan setiap tahunnya memang berubah-ubah. "Mainan terbagi dari beberapa dasar, tapi jika dilihat dari pameran di luar, produsen yang mulai masuk, seperti mainan edukasi, di mana banyak industri mulai membangun produk yang bisa membuat inovasi dari anak-anak. Itu tren mainan untuk kedepannya pada saat ini", ungkap Eko Wibowo Utomo Sekretaris Jendral Asosiasi Mainan Indonesia (AMI).

Acara ini kembali menampilkan lebih dari 500 jenama terbaik industri perlengkapan bayi, anak dan ibu hamil dalam 1 atap. Acara akan diadakan di Hall A, Hall B dan Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center.

Bukan hanya pameran untuk, tapi akan ada transfer informasi terutama untuk mainan. Serta banyak promo menarik di dalamnya.

"Acara ini bukan hanya platform untuk belanja, tapi juga menjadi platform untuk industri, bisa dikatakan seperti perkumpulan untuk industri ini, karena kita mau berbagi kepada semua industri, mau menunjukan bahwa sebenarnya industri ini sangat potensial. Bagi yang mau memulai gabung di industri ini bisa langsung datang ke stan APMI atau AMI. Tahun ini kita datangkan teman-teman dari luar negri, dan mereka bisa memperlihatkan produk mereka untuk bisa dilihat oleh teman-teman di Indonesia," kata Mariah Asisten Project Director Panorama Exhibtions

IMBEX di penghujung tahun ini adalah yang paling besar dalam rangka perayaan 10 tahun. Acara diselenggaralan selama tiga hari, dimulai dari tanggal 30 November-2 Desember 2018.

Acara terbuka untuk umum, dimulai dari pukul 10.00-20.00. Harga tiket Rp 25 ribu per orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement