Selasa 20 Nov 2018 08:54 WIB

Susu Skim Bukan Pilihan Bagus untuk Dikonsumsi

Banyak orang mengganti susunya dengan susu skim karena diklaim lebih sehat.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
Susu
Foto: RNW.NL
Susu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Segelas  susu dan sepiring sereal adalah sarapan bergizi di pagi hari. Sering kali orang, khususnya wanita memilih susu skim sebagai teman sereal karena dianggap paling aman.

Susu skim adalah susu tanpa lemak atau bubuk susunya dibuat dengan menghilangkan sebagian besar air dan lemak di dalamnya. Banyak orang mengganti susunya dengan susu skim karena diklaim lebih sehat. Kebiasaan ini ternyata salah. Anda justru disarankan menghindari susu skim karena beberapa alasan, dilansir dari Cosmopolitan, Selasa (20/11).

1. Tidak sehat

Diet rendah lemak dengan menghindari seluruh jenis lemak terbukti tidak benar. Saat orang membatasi asupan lemak secara drastis, ada risiko mereka akan 'mengidam' gula dan karbohidrat berlebih, sehingga berisiko memicu diabetes.

2. Lemak baik bagi tubuh

Studi 2016 yang diterbitkan Jurnal Circulation, orang yang mengonsumsi lemak dari produk susu dan turunannya rata-rata berisiko 46 persen lebih rendah terkena diabetes. Susu utuh biasanya hanya mengandung 3,25 persen lemak, 12 persen dari konsumsi harian yang disarankan. Mungkin porsi ini terkesan banyak, namun ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Rasanya seperti air

Lemak itu memberi rasa. Ketika kandungan lemak dihilangkan, Anda tidak hanya memotong asupan karbohidrat, namun juga menyingkirkan rasa. Jika Anda mengonsumsi susu tanpa lemak dengan sereal, mungkin rasanya biasa saja. Namun, jika Anda meminumnya begitu saja, rasanya sama sekali tidak enak.

4. Tidak enak dijadikan bahan masakan

Susu skim juga tak lezat jika dijadikan bahan masakan. Ini karena tak ada lemak yang memberi efek rasa. Ketika Anda menggunakan susu skim untuk bahan makanan, biasanya Anda akan menambah lebih banyak mentega atau garam yang dalam konsentrasi tinggi kurang baik untuk kesehatan.

5. Tidak lezat dipanggang

Lemak berperan mempertahankan kelembaban dalam makanan yang dipanggang. Ketika Anda menggunakan susu skim untuk pancake atau makanan panggang lainnya, makanan tersebut akan cepat kering dan keras.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement