Senin 19 Nov 2018 01:41 WIB

Lukisan Pablo Picasso yang Dicuri Muncul Kembali di Rumania

Sebelumnya, pencuri membawa kabur tujuh lukisan bernilai jutaan euro.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Endro Yuwanto
Pablo Picasso
Foto: balletcreole.com
Pablo Picasso

REPUBLIKA.CO.ID, BUCHAREST -- Sebuah lukisan yang diyakini sebagai “Tete d’Arlequin” karya Pablo Picasso yang dicuri pada 2012 dari Museum Kunsthal Rotterdam, Belanda, telah muncul di Rumania. Jaksa di Bucharest mengungkapkan hal tersebut pada Ahad (18/11).

“Jaksa penuntut kejahatan terorganisasi sedang menyelidiki situasi di mana sebuah lukisan yang ditandatangani oleh Picasso senilai sekitar 800 ribu euro ditemukan pada Sabtu malam di daerah Tulcea,” kata jaksa dalam sebuah pernyataan dan menambahkan lukisan itu sedang dikonfirmasi.

Jaksa mengatakan, dua warga Belanda tiba di Kedutaan Besar Belanda di Bucharest dengan lukisan Pablo Picasso. Dua warga Belanda ini mengatakan mereka telah menemukannya di daerah tenggara Rumania.

Sebelumnya, pencuri membawa kabur tujuh lukisan bernilai jutaan euro. Lukisan tersebut adalah karya Picasso, Matisse, Monet, dan lainnya.

Rekaman kamera keamanan yang dirilis pada saat pencurian menunjukkan sekelompok orang masuk melalui pintu belakang museum dan menghilang dari pandangan. Beberapa detik kemudian mereka muncul kembali membawa benda besar.

Karya-karya lainnya yang dicuri adalah “La Liseuse en Blanc et Jaune” karya Matisse, “Waterloo Bridge, London” dan “Charing Cross Bridge, London” karya Monet, “Femme devant une fenêtre ouverte” karya Gauguin, Meijer De Haan’s “Autoportrait” karya Meijer De Haan, serta “Woman with Eyes Closed” karya Lucian Freud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement